PEMERINTAH Kota Ambon kembali menggelar kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM), di Jalan Pantai Mardika, pekan kemarin.

Kegiatan GPM rutin dilakukan sejak bulan Juli lalu dan berlangsung tiap hari Selasa. Yang mana tujuan dari kegiatan tersebut yakni guna memenuhi kebutuhan masyarakat kota Ambon yang ingin memperoleh pangan murah dibawah harga pasar.

Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra, Ronald Lekransy menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan langkah strategis yang ditempuh oleh Pemkot Ambon yang tengah berupaya untuk menunrunkan angka inflasi. Sebab diketahui bersama bahwa saat ini harga pangan diseluru wilayah di Indonesia mengalami kenaikan harga.

Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi strategi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) dengan menjaga daya beli masyarakat.

Sementara itu, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Ambon, Muhammad Abdul Aziz menyebutkan, sejak GPM digelar, penurunan angka inflasi di Kota Ambon mengalami trend positif sehingga langkah yang dilakukan oleh Pemkot Ambon mmesti dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

Baca Juga: Tim Peneliti UI dan UMMN Jadikan Ambon Lokasi Penelitian Pengembangan Infokom

“Kegiatan ini sangat baik dan juga membantu masyarakat untuk memperoleh pangan yang murah karena harga yang terjangkau, “katanya.

Sekedar diketahui, bahan-bahan pokok yang  dijual pada kegiatan GPM diantaranya, beras premium Rp. 65.000/5 kg, Beras SPHP Rp. 60.000/5 Kg, Telur Ayam Rp.52.000/Rak, Minyak Goreng Rp. 14.000/botol, Bawang Merah Rp. 22. 000/Kg, Bawang Putih Rp. 33.000/Kg, Tomat Rp 18.000/Kg, Sayur Sawi/Bayam/Kangkung Rp. 6.000/ikat, Cabe keriting Rp. 35.000/Kg, Cabe rawit Rp.40.000/kg, Gula Pasir,Rp 16.000/kg, dan Ikan Rp. 15.000 per Kg/tumpukan.

OPD-OPD yang terlibat dalam kegiatan ini diantaranya Dinas Perindag, Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan, serta Dinas Perikanan. (S-29)