AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota  Ambon berencana membangun Rumah Sakit Daerah  untuk lebih meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di kota ini.

Hal ini disampaikan Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmase usai membuka kegiatan Rekonsiliasi Data Peserta dan Iuran Wajib PNS dan Iuran Wajib Pemda Triwulan II tahun 2024, di salah satu hotel, Senin (24/6).

Ia menyadari, keberadaan rumah sakit swasta di Kota Ambon juga ada, namun kondisinya sering penuh, sehingga warga harus banyak yang antri.

“Memang ada banyak rumah sakit swasta di Kota Ambon, tetapi kan kita tahu sendiri kondisi di lapangan seperti apa karena seringkali penuh. Untuk itulah pemkot berencana bangun rumah sakit untuk lebih menunjang pelayanan kesehatan yang lebih merata dan mempermudah akses bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan,” tuturnya.

Terkait dengan rencana itu, kata Ririmase, maka pemkot juga berencana mengirimkan proposal ke Kementerian Kesehatan untuk mendapatkan anggaran khusus. Apabila disetujui maka proses pembangunan RSD bisa terwujud.

Baca Juga: Kader Direkomendasikan Maju Wawali Tual, PDIP Belum Bersikap

“Lahannya nanti akan kita siapkan, yang terpenting adalah, jika Kementerian Kesehatan menyetujui untuk anggaran, maka kita siap jalankan,” jelasnya.

Sampai sejauh ini tambah Ririmase, keinginan untuk pembangunan RSKD masih dalam proses perencanaan, sehingga diharapkan semua proses perencanaan dan perancangan itu bisa rampung, dan apabila disetujui oleh kementerian Kesehatan maka pemkot akan segera bergerak.

“Intinya adalah pemkot ingin memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal bagi masyarakat,” pungkasnya.(S-29)