AMBON, Siwalimanews – Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ambon membagikan ikan secara gratis kepada warga kota. Pembagian 1,5 ton ikan ini dilakukan selama dua hari di tiga okasi berbeda yang dimulai di Negeri Lama dan Passo, Kecamatan Baguala dan di kawasan Pasar Mardika.

Sasaran pembagian ikan cakalang beku ini adalah warga kurang mampu, yang kesehariannya sebagai tukang becak, tukang sapu jalan, PKL, jukir dan warga kurang mampuh lainnya.

Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon F Maail kepada wartawan di Balai Kota, Kamis (1/6) menjelaskan, pembagian ikan dilakukan demi memenuhi kebutuhan masyarakat, disaat kondisi laut yang tidak bersahabat yang mengakibatkan mahalnya harga ikan di pasaran.

“Ini sudah jadi agenda kami di dinas dalam satu tahun 4 kali, dan kita ambil momen pas kondisi seperti ini, karena saat itu biasanya harga ikan tinggi. Kemudian di bulan Ramadhan, karena biasanya kebutuhan ikan tinggi saat momen itu yang menyebabkan pasokan terbatas sehingga mengakibatkan harga ikan tinggi. Jadi  triwulan I di Lebaran kemarin, dan bulan Mei kemarin pada triwulan II, bertepatan dengan kondisi alam yang menyebabkan hasil tangkapan nelayan terbatas, dan mengakibatkan harga ikan tinggi,” ujarnya.

Nantinya kata dia, pada triwulan III juga, DKP akan mengambil di bulan Juli ini untuk melakukan pembagian ikan gratis, mengingat dibulan itu, masih berada pada kondisi laut yang masih tidak bersahabat atau musim timur. Sedangkan triwulan IV, akan dilakukan pada momen Natal dan Tahun Baru

Baca Juga: Kapuspen Kemendagri: Jabatan Murad Orno Berakhir Tahun Ini

“Karena biasanya dimomen itu, sering terjadi inflasi. Harapan kita, melalui kegiatan pembagian ikan ini, minimal membantu pemerintah dalan mengendalikan inflasi di Kota Ambon,” pungkasnya.(S-25)