AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon membutuhkan banyak Pegawai Negeri Sipil tahun anggaran 2024 untuk mengisi kekurangan pegawai.

Guna menutupi kekurangan tersebut, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi memberikan kuota penerimaan CPNS bagi Pemkot Ambon sebanyak 1264 formasi.

Dari jumlah itu penerimaan CPNS hanya di khususnya bagi tenaga kesehatan maupun tenaga teknik, tidak termasuk guru.

Penjabat Walikota Ambon, Dominggus Kaya mengatakan pemerintah kota resmi mengumumkan formasi sesuai surat edaran nomor: 810/02/Peng/2024 Tentang Penerimaan CPNS di lingkup Pemerintah Kota Ambon tahun 2024.

“Dalam surat edaran atau pengumuman itu sudah jelas seluruh persyaratan serta formasinya,” ungkap Kaya.

Baca Juga: Pangdam Minta Teladani Sikap Patriotisme Para Pendahulu

Formasi yang dibutuhkan Pemkot Ambon, lanjutnya 78 formasi untuk tenaga Kesehatan dan 1.186 formasi untuk tenaga teknis.

“Penetapan kebutuhan CPNS Pemkot Ambon meliputi umum dan khusus. Artinya disabilitas juga dapat ambil bagian menjadi calon abdi negara,” terangnya.

Untuk jalur umum, diperuntukan bagi pelamar umum dan kebutuhan khusus (penyandang disabilitas) yang mampu melihat, mendengar dan berbicara yang baik.

“Mampu melakukan tugas menganalisa, mengetik, menyampaikan pendapat dan berdiskusi dan terakhir mampu bergerak dengan menggunakan alat bantu berjalan selain kursi roda,” ungkapnya.

Seluruh proses dalam pembukaan CPNS katanya, tidak dipungut biaya apapun atau gratis. “Sesuai ketentuan, gratis prosesnya, dari awal hingga akhir, “ tegasnya.

Untuk itu, ia menghimbau dan mengajak putra-putri terbaik generasi muda Kota Ambon yang memenuhi persyaratan dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin. “Persiapkan diri dengan latihan seperti, Computer Assesment Test sehingga dapat memenuhi persyaratan passing grade. Jangan lupa berdoa, Tuhan pasti buka jalan masa depan di kesempatan ini,” harapnya.

Ia menambahkan pembukaan pendaftaran CPNS pemkot ambon dimulai tanggal 20 Agustus-2 September. (S-29)