BULA, Siwalimanews – 111 Jamaah Calon Haji asal Kabupaten Seram Bagian Timur yang masuk dalam kloter 35, secara resmi dilepas oleh Wakil Bupati Idris Rumalutur, di aula Dinas Kesehatan, Selesa (13/6).

Bupati SBT Mukti keliobas dalama sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Idris Rumalutur mengaku, untuk menunaikan ibadah haji, setidaknya diperlukan tiga persyaratan utama yakni, niat, kemudian kemampuan baik jasmani maupun rohani serta materi dan adanya kesempatan.

“Kami sangat memahami mengapa ibadah haji antriannya cukup panjang, salah satunya adalah karena Ibadah haji merupakan ibadah yang sangat istimewa, sehingga umat Islam sangat berharap untuk dapat melaksanakannya,” ujar bupati

Pada Jumat, (16/6) JCH asal SBT akan diberangkatkan dari Ambon bersama JCH daerah lain di Maluku untuk menuju embarkasi Makassar dan selanjutnya menuju Makkah guna menunaikan seluruh aktivitas ibadah haji.

Untuk itu, kepada para JCH aal SBT yang mendapatkan kesempatan menunaikan ibadah haji tahun ini, kiranya dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: Preman Beraksi, Pedagang Pasar Mardika Dipalak

“Saya berharap kepada seluruh JCH senantiasa memelihara kelompokkan, keutuhan maupun kebersamaan. Untuk ketua rombongan agar dapat laksanakan fungsi dan tugas dengan sebaik- baiknya,” pinta bupati.

Pada kesmepatan itu, bupati juga menitipkan beberapa pesan kepada para JCH yakni, melaksanakan ibadah haji sesuai dengan yang telah diberikan dalam manasik secara tulus dan ikhlas semata-mata hanya mengharapkan keridhaan Allah SWT.

Selain itu, pelihara kesehatan dan fisik, sehingga mampu melaksanakan seluruh rukun haji dengan sempurna. Hormat dan taatilah perundang- undangan dan segala ketentuan yang berlaku, selama menjalankan ibadah haji di Mekkah maupun Madinah.

“Kepada warga SBT berkewajiban turut mendoakan seluruh JCH agar selalu diberikan kesehatan, kekuatan, dan kelancaran dalam menunaikan seluruh rukun dan syaratnya, sehingga semua jemaah haji dapat meraih predikat haji yang mabrur,” ujar bupati.

Pada kesmepatan itu bupati juga menitipkan pesan kepada para JCH untuk mendoakan bumi Ita Wotu Nusa agar senantiasa mendapatkan perlindungan Allah SWT dan kepada semua pihak yang telah berkerja keras melaksanakan berbagai kegiatan sejak pendaftaran haji sampai dengan pemberangkatan ke tanah suci, kiranya amal kebaikannya diterima di sisi Allah SWT.

“Saya atas nama seluruh masyarakat dan Pemkab SBT mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji di musim haji tahun 1444 hijrah/2023 Masehi., semoga dalam perjalanannya menjadi amal ibadah yang sempurna serta mendapatkan keberkahan dan keselamatan sehingga kembali ke negeri Ita Wotu Nusa tanpa kurang satu apapun,” pungkasnya.(Mg-1)