BULA, Siwalimanews – Lama dibiarkan rusak, Pemkab Seram Bagian Timur berencana akan merehabilitasi jalan lingkar Pulau Gorom.

“Rencananya pekan depan ini mulai dikerjakan rehabilitasi pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan lingkar Pulau Gorom,” jelas Kabid Bina Marga Dinas PUPR SBT Novi Rumata ketika dikonfirmasi Siwalimanews, melalui pesan WhatsApp, Selasa (21/5).

Dijelaskan  untuk  rehabilitasinya jalan yang diambil prioritaskan penanganan dengan kondisi kerusakan berat saja.

“Saat ini masih dalam proses lelang oleh Unit kerja pegadaian barang/ jasa (UKPBJ) dan pekerjaan ini hanya difokuskan untuk rehabilitasi jalan, ada juga penanganan gorong-gorong, dengan kondisi rusak berat dan lantai jembatan Way-Day. Dan kemungkinan efektif 14 hari lagi sudah mulai dikerjakan,” ungkap Rumata.

Ditanya, pekerjaan jalan tahun ini hanya difokuskan jalan lingkar Pulau Gorom saja atau bagaimana. Ia mengaku, untuk semua jalan katong prioritaskan lewat dana DAK termasuk Wakate.

Baca Juga: Pemkot Peringati Hari Kebagkitan Nasional

Tetapi kembali ia mengaku pihaknya lagi-agi keterbatasan anggaran, jadi untuk tahun ini hanya cukup mendanai jalan lingkar Pulau Amarsekaru saja.

“Tahun 2024 ini ada peningkatan ruas jalan lingkar Pulau Amarsekaru, Kecamatan Pulau Gorom. Dan juga Bula Barat, serta di Banggoi Pancoran Pantai, maupun Jembatan Basah, Kecematan Bula Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur. Ini yang sudah hampir rampung proses tendernya,”  ujarnya.

Menurutnya, terkait rehabilitasi ruas jalan lingkar Pulau Gorom itu panjang sekitar 13 kilometer dengan menggunakan anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD)  tahun 2024 senilai Rp 34 miliar.

“Kami berharap semoga pekerjaan rehabilitasi jalan lingkar Gorom bisa bermanfaat kepada masyarakat terkait akses jalan yg memadai untuk dilewati,” ucapnya.(S-27)