PEMERINTAH Kabupaten Maluku tengah menunjukan keseriusannya untuk terus membangun sektor pendidikan di wilayah kerjanya. Upaya inipun dilakukan dengan berbagai langkah termasuk menata strategi penguatan sektor pendidikan berbasis kepulauan.

Tak tanggung tangung  pemerintah kabupaten bergelar Pamahanu-Nusa itu, pun siap menggandeng Universitas Pattimura Ambon, guna mendukung upaya penataan sektor pendidikan berbasis kepulauan.

Wujud nyata dari upaya itu dilakukan dengan menggelar kegiatan Kolaborasi Pembangunan Pendidikan Kepulauan bersama universitas Pattimura Ambon yang digelar di Baileo Ir Soekarno di Masohi, Sabtu pekan lalu.

Penjabat bupati Malteng, Rakib Sahubawa dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bupati bidang Pembangunan, Zahlul Ikhsan, menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang mendalam kepada INOVASI dan Universitas Pattimura serta dukungan dan kerjasama yang baik bersama Pemda Malteng.

Menurutnya kolaborasi itu akan membawa kemajuan bagi dunia pendidikan di Kabupaten bertajuk Pamahanu Nusa itu.

Baca Juga: DPRD Ingatkan Pemprov Selesaikan Anggaran Pengamanan Pilkada

“Kita pahami bersama bahwa, Usaha mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan memiliki korelasi dengan tujuan mensejahterakan masyarakat. Sebab dengan pendidikan yang memadai seseorang memiliki kesempatan yang lebih terbuka untuk ikut serta dalam pembangunan ekonomi dan sosial serta menciptakan dan memelihara demokrasi yang sehat,”jelasnya.

Dikatakan, berbagai kebijakan peningkatan mutu pendidikan di Malteng terus di dorong untuk memberikan layanan pendidikan yang lebih berkualitas, komprehensif dan merata, dengan terus memperkuat kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak terkait untuk percepatan mutu pendidikan.

Pendidikan yang bermutu untuk semua anak, Pemkab Malteng terus mengembangkan program pendidikan termasuk membangun ekosistem pendidi­kan yang inklusif berbasis kepu­lauan agar seluruh anak di wila­yah Malteng mendapatkan akses pendidikan yang sama dan ber-mutu. “Hal ini penting mengingat bahwa Provinsi Maluku ini merupakan wilayah kepulauan sehingga tantangan pemerataan pendidikan sangat besar,” katanya.

Sebagai pimpinan tinggi Malteng, Pj. Bupati memiliki harapan tinggi, dengan kehadiran INOVASI dan dengan dukungan dari UNIVERSITAS PATTIMURA, akan dapat mendorong percepa­tan pembangunan di bidang pendidikan demi menciptakan generasi yang cerdas, kreatif, dan berdaya saing.

“Agar kita bersama-sama dapat mengidentifikasi akar permasalahan dalam bidang pendidikan dan berbagi peran secara bersama-sama mengembangkan gagasan solutif memecahkan berbagai isu pendidikan di Kabupaten Maluku Tengah,” imbuhnya.

Sahubawa berharap, melalui kegiatan ini, dapat menjadi pemicu untuk membangun kolaborasi ekosistem pendidikan di Malteng, yang melibatkan selu­-ruh unsur pemangku kepenti­ngan pendidikan, baik pemerin­tah kabupaten, perguruan tinggi, dan stakeholders lainnya.

“Semoga kolaborasi dan sinergi yang terjalin melalui kegiatan ini, dapat terus ditingkatkan dalam implementasi program-program pendidikan di daerah, serta menghasilkan rumusan dan strategi yang konkrit untuk membangun ekosistem pendidikan di Malteng yang lebih baik,” tukasnya. (S-17)