DOBO, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) tahun 2024, kategori pratama.

Penghargaan itu diserahkan oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin kepada Bupati Aru Johan Gonga, di Krakatau Grand Ballroom TMII, Jakarta Timur, Kamis (8/8).

“Penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat itu, karena Pemkab Aru dinilai telah mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional yang merupakan program prioritas pemerintah pusat,” ungkap Bupati kepada wartawan di ruang kerjannya, Kamis (15/8).

Bupati mengaku, penghargaan dari pemerintah pusat kepada Kabupaten Aru, karena dinilai sebagai pemda dengan kategori pratama dalam pencapaian UHC keikutsertaan BPJS yang dinilai sukses.

penghargaan ini juga didapatkan karena prestasi atas cakupan kepesertaan JKN-KIS di Kepulauan Aru yang mencapai 98,63 persen dari 190.000 jiwa penduduk di kabupaten ini.

Baca Juga: DPRD Ingatkan KPU Teliti dalam Pemeriksaan Kesehatan Calkada

“Jadi penghargaan ini dinilai sukses dalam menjalankan program JKN-KIS sehingga menerima penghargaan UHC dengan capaian 98,63 persen,” ungkap bupati.

Pada kesmepatan itu, bupati juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan elemen terkait di Kabupaten Aru yang telah berpartisipasi dalam program JKN, sehingga mendapatkan penghargaan ini dengan cakupan kepesertaan mencapai 98,63 persen.

Untuk itu, dirinya sangat mengharapkan masyarakat harus menggunakan BPJS tersebut, karena sangat disayangkan pemda membayar BPJS, tetapi banyak masyarakat yang tak menggunakannya.

“Nah, ini sangat disayangkan karena kami dari pemda bayar BPJS, tapi banyak yang tidak menggunakannya dengan baik. Saya harapkan dengan adanya penghargaan UHC ini dapat menjadi motivasi bagi Pemkab Aru untuk terus berkomitmen dalam meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat,” harap buapti.(S-11)