AMBON, Siwalimanews – Pesta demokrasi pemilihan umum, 14 Februari 2024 berjalan dengan aman, lancar dan kondisif.

Sesuai daftar pemilih tetap sebanyak 1.341.012 warga masyarakat Maluku menyalur­kan hak pilihnya pada 5.622 tempat pemungutan suara yang tersebar di 118 kecamatan di Maluku.

Jutaan masyarakat Maluku ini memilih calon Presiden, calon Wakil Presiden, anggota  DPD, DPR, DPRD provinsi dan kabupaten/kota.

Pantauan Siwalima di Kota Ambon misalnya, suasana ramai hanya terlihat pada TPS-TPS, sementara di jalan-jalan utama terlihat sepi dari aktivitas masyarakat, walau hanya ter­lihat beberapa kenderaan roda dua maupun empat melakukan aktivitas tetapi itu tidak seramai waktu-waktu biasanya.

Dalam hasil penghitungan suara sementara versi quick count pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menang di Maluku dengan memperoleh suara sebanyak 52%.

Baca Juga: Tuntaskan Kasus BP2P, Kejati Libatkan Ahli Konstruksi

Ketua Ketua TKD Prabowo-Gibran Maluku, Hendrik Lewerissa mengungkapkan, kendati belum ada keputusan KPU RI, namun pasa­ngan Prabowo-Gibran dipastikan memenangkan pertarungan pilpres dalam satu putaran.

HL, sapaan akrab Hendrik Le­werissa mengucapkan terima kasih kepada seluruh partai koalisi, relawan dan masyarakat Maluku yang tersebar pada 11 kabupaten/kota.

Kepada wartawan di sekretariat pemenangan, Rabu (14/2) HL merespon hasil hitung cepat yang dilakukan berbagai lembaga survei di tanah air dengan posisi data masuk sudah diatas 80 persen, maka dapat disimpulkan bahwa secara ilmiah dipastikan Prabowo-Gibran menang pilpres 2024 dalam satu putaran.

“Sebagai tim kampanye daerah, kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Maluku karena atas kepercayaannya Pra­bowo-Gibran dipastikan akan menjadi Presiden dan Wakil Pre­siden masa bakti 2024-2029,” ujar Lewerisaa.

HL mengakui, pihaknya masih menunggu real count atau hitungan nyata dari KPU RI yang saat ini perhitungan masih dilakukan ditingkat TPS dan dalam waktu dekat secara berjenjang.

Namun, berdasarkan pengalaman dan referensi dalam setiap pelak­sana kontestasi pilpres di tanah air, maka hasil perhitungan cepat dipastikan tidak bergeser jauh dengan hasil hitung dari KPU.

Terkait dengan kemenangan Prabowo-Gibran di Maluku, lanjut HL, berdasarkan data yang dimiliki maka Prabowo-Gibran menang 52 persen.

Lewerissa juga menyampaikan terima kasih kepada aparat TNI, Polri, KPU dan Bawaslu yang telah bekerja keras sehingga pilpres boleh berjalan dengan lancar dan damai.

“Prinsipnya kami menyikapi hasil ini dengan riang gembira dan tidak perlu harus pawai sebab, keme­nangan ini adalah anugerah Tuhan bagi Indonesia dan Maluku,” tuturnya.

Politisi Partai Gerindra Maluku ini pun memastikan seluruh jajaran tim kampanye daerah Prabowo-Gibran akan terus mengawal hasil pemilu hingga penetapan oleh KPU RI.

Data Sementara MBD

Calon Presiden dan Wakil Presi­den, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, unggul di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 001, TPS 002, TPS 003 dan TPS 004, Kelu­rahan Tiakur, Kecamatan Moa Kabupaten Maluku Barat Daya.

Pantauan Siwalima, Rabu (14/2) dari hasil perhitungan suara di TPS pasangan Presiden dan Wakil Presiden Prabowo-Gibran unggul dari pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Pada TPS 001 pasangan AMIN memperoleh 3 suara, pasangan Prabowo-Gibran 159 suara dan pasangan Ganjar-Mahfud MD 50 suara.

Di TPS 002 pasangan Prabowo-Gibran memperoleh 129 suara, pasangan AMIN peroleh 9 suara dan pasangan Ganjar-Mahfud MD peroleh 48 suara.

Di TPS 003, pasangan Prabowo memperoleh 145 suara, pasangan AMIN memperoleh 5 suara dan pasangan Ganjar-Mahfud MD memperoleh 69 suara.

Di TPS 004, pasangan Prabowo-Gibran memperoleh 146 suara, pasangan AMIN memperoleh 5 suara dan pasangan Ganjar-Mahfud MD memperoleh 49 suara. Se­dangkan untuk anggota DPD RI suara tertinggi diperoleh Meki Frans sebanyak 96 suara.

Sementara di Kecamatan Masela Kabupaten Maluku Barat Daya, pasangan Ganjar-Mahfud MD memperoleh 744 suara, pasangan Prabowo-Gibran 711 suara dan pasangan Anis-Muhaimin mem­peroleh 41 suara.

Unggul Juga di Buru

Pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dalam penghitungan suara di Kabupaten Buru.

Hasil pantauan Siwalima ini di lapangan pada sejumlah TPS yang telah selesai melakukan hasil perhitungan suara pemilihan presiden-wakil presiden selalu menempatkan pasangan Prabowo- Gibran di urutan pertama.

Sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD bertengger di urutan terbawah. Berada di urutan kedua Anies Rasyid Baswedan- Muhaimin Iskandar.

Wartawan Siwalima melaporkan di dalam Kota Namlea, Ibukota Kabupaten Buru, terdapat 71 TPS dan sampai sore ini lebih dari 50 persen telah selesai menghitung suara pilpres. Hasilnya, kemenangan semua di kubu pasangan Nomor 02.

Bahkan kemenangan pasangan Nomor 02 itu bukan hanya terjadi di pusat Kota Kabupaten Buru, bahkan terjadi juga di banyak TPS yang ada di luar kota.

Di banyak TPS, pasangan nomor 02 unggul telak dari dua rivalnya nomor 01 dan Nomor 03.

Di TPS 2 Desa Tanjung Karang, Kecamatan Airbuaya misalnya, pasangan 03 meraup 123 suara. Sedangkan pasangan nomor 01 hanya memperoleh 15 suara dan pasangan nomor 03 memperoleh 15 suara.

Di TPS 2 Desa Lala, Kecamatan Namlea, pasangan Nomor 02 juga unggul jauh dengan 143 suara. Sedangkan pasangan nomor 01 hanya meraup 23 suara dan pasa­ngan nomor 03 mendapat 8 suara.

Sedangkan dalam Kota Namlea pada TPS 48, walau berada di pemenang kedua tapi pasangan nomor 01 memperoleh 114 suara dan kalah sedikit dari pasangan nomor 02 yang mendapat  124 suara, dan pasangan nomor 03 hanya meraih 8 suara.

Sekertaris TKD Pasangan 02 Erwin Tanaya menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan masyarakat Kabupaten Buru dengan memenangkan Prabowo-Gibran di daerah itu.

Erwin yang juga Ketua Partai Demokrat Kabupaten Buru menga­takan, efek Susilo Bambang Yudo­yono (SBY) dan Joko Widodo (Jokowi) menjadi magnet kuat pasangan O2 menang banyak di Bumi Bupolo.

“Di empat pilpres yang lalu, dua kali pak SBY dan dua kali pak Jokowi juga menang di daerah ini. Beliau berdua juga pernah datang ke Buru dan memberikan perhatian khusus pembangunan pertanian di sini,” jelas Erwin.

Sementara itu, Ketua KPU Buru, Munir Soamole yang ditemui menyam­paikan rasa syukurnya, pemilu di daerah itu berjalan aman dan lancar tanpa ada gangguan apapun.

Menurut Munir, laporan dari TPS pedalaman di Danau Rana,  juga berjalan lancar.

Ia optimis hasil hitung suara di TPS yang akan selesai hari ini tidak akan ada gangguan.

dan diharapkan hitung rekapi­tulasi suara di 10 PPK di 10 keca­matan juga akan berjalan lancar hingga hitungan terakhir di KPU Buru.

Sampai berita ini dikirim, hitung suara untuk pemilu legislatif baik untuk DPRD kabupaten, DPRD Maluku, DPR RI dan DPD RI masih berlangsung.

Di KKT Prabowo Menang

Hasil hitungan berdasarkan formulir C1 Plano dari total 346 TPS di seluruh Kepulauan Tanimbar, calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor urut 2 Prabowo-Gibran meraih 3.362 suara.

Pantauan Siwalima di lapangan, berdasarkan rekapan data 32 TPS rata-rata suara per TPS cakup 200 suara untuk paslon nomor urut 2.

Sementara paslon Presiden dan Wakil Presiden Nomor urut 3 perolehan suara sementara di 32 TPS 1,337 suara. Paslon nomor urut tiga rata rata suara per TPS 150 namun ada juga yang menurun hingga 6 suara di beberapa TPS.

Untuk paslon nomor urut satu justru mengalami penurunan dimana dari total 32 TPS di Tanimbar Anies – Muhaimin hanya 281 suara dengan rata rata perolehan suara hanya 10-15 suara.

Unggul di Malteng

Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Raka­buming Raka unggul tipis dari dua paslon lainnya  di TPS 10 Kelurahan Namaelo, Kecamatan Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah.

TPS dimana Penjabat Bupati Malteng, Rakib Sahubawa bersama Istri Ana Sahubawa menyalurkan hak politiknya di lingkungan SDN 26 Maluku Tengah, Rabu (14/2).

Capres Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan 88 suara, dengan selisih 17 suara dari pasangan capres nomor urut (1) Anis Baswedan-Muhaimin Iskandar yang memper­oleh 71 suara, sementara pasangan capres Ganjar-Mafud hanya memperoleh 7 suara.

Secara umum hasil perolehan suara pada TPS 10 Malteng me­nunjukan tingkat partisipasi pemilih sangat rendah. Pasalnya pada TPS ini, jumlah pemilih tetap yang terdaftar adalah sebesar 279 pemilih.

Sementara yang menyalurkan hak pilih hanya sebesar 168 pemilih, artinya terdapat sekitar 111 orang warga tidak menyalurkan hak pilihnya.

Pantauan Siwalima di TPS tersebut berlangsung lancar sejak awal dimulai pukul 07.10 WIT, Sementara Pj Bupati bersama istri Ana Sahubawa terpantau datang dan menyalurkan hak pilihnya pada pukul 09.20 WIT.

Tiba di TPS Sahubawa sempat duduk selama lebih kurang 5 menit dan kemudian dipersilakan masuk untuk menyalurkan hak pilihnya dan kemudian kembali.

Sahubawa saat itu engan berko­mentar usai menyalurkan hak pilihnya dan langsung berlalu dengan mobil dinasnya.

Dari berbagai sumber yang ber­hasil dihimpun Siwalima menyebut­kan suara sementara di Kelurahan Namaelo Kecamatan Kota Masohi, dari 43 TPS Paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran unggul sementara dengan perolehan suara 1.541 suara diikuti paslon nomor urut (1) Anis-Muhaimin perolehan suara 1.113 suara, sementara paslon Ganjar – Mafud perolahan suara 534 suara.

Sekedar tahu hasil perolehan suara di Kecamatan Kota Masohi sampai dengan saat ini masih belum selesai di lakukan perhitungan dan data yang dihimpun bersifat sementara, sebab masih terdapat 4 kelurahan di Kecamatan Kota Masohi Maluku Tengah yang belum berhasil dihimpun.

Ambon Unggul

Untuk di Ambon berdasarkan data sementara yang dihimpun Siwalima, Calon Presiden Nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Raka­buming unggul perolehan suara dalam perhitungan di TPS 17 Halong. TPS ini merupakn tempat dimana Penjabat walikota Ambon membe­rikan hak pilihnya pada Rabu (14/7).

Di TPS ini pula, mantan Ketua DPD PDI-Perjuangan, Karel Alberth Ralahalu memberikan hak pilihnya sekitar pukul 08.15 WIT. Ralahalu yang merupakan mantan Gubernur Maluku 2 Periode dari partai berlambang banteng itu, turut hadir saat Ganjar menggelar Kampanye di Ambon beberapa waktu lalu.

Kendati begitu, pasangan calon Presiden nomor urut 2, berhasil mengungguli 2 pasangan calon presiden lainnya berdasarkan hasil perhitungan suara yang berlang­sung pukul 15.00 WIT.

Dari data yang dihimpun Siwalima di TPS tersebut, ada 233 DPT, namun yang memberikan hak pilih­nya berdasarkan jumlah surat suara yang tercoblos hanya sebanyak 200. Dari 200 surat suara itu, pasangan Prabowo-Gibran unggul jauh dari dua kontestan lainnya.

Pasangan nomor urut 2 berhasil memperoleh 150 suara, sedangkan pasangan nomor 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, memperoleh 47 suara. Sementara pasangan calon presiden nomor urut 1 Anis Baswedan-Muhaimin Iskandar hanya mem­peroleh 2 Suara.

Total surat suara sah yang dihitung yakni 199 dan hanya 1 surat suara yang dinyatakan tidak sah lantaran pemilih mencoblos pada semua kontestan calon presiden dan wakil presiden.

Leitisel Unggul

Berdasarkan data sementara di Kecamatan Leitisel daerah pemi­lihan I belum juga rampung.

Ketua PPK Kecamatan Leitimur Selatan, Beny Souhuwat kepada Siwalima di Hutumuri, Rabu (14/2) malam menuturkan, kegiatan pemi­lihan hari ini sudah boleh berjalan dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti.

“31 TPS di Kecamatan Leitimur Selatan dari Hatalai-Hutumuri semuanya berjalan dengan lancar, sekalipun ada hal-hal yang membuat keterlambatan dalam proses ini, tapi bisa teratasi. Dan sampai dengan pukul 20.32 WIT ini, di setiap TPS masih berlangsung perhitungan,” jelasnya.

Dijelaskan, bahwa sampai waktu ini, tahapan perhitungan baru menyelesaikan pada tahapan Presiden, DPR RI dan sebagian pada tahapan DPD. Dan akan berlanjut dengan DPRD dan terakhir pada DPRD Kota Ambon.

“Sekitar pukul 22.00 atau 23.00 WIT, PPS di Kecamatan Leitisel sudah bisa menyelesaikan seluruh tahapan yang dilaksanakan hari ini,” ujarnya.

Selanjutnya setelah tahapan ini selesai, maka kotak-kotak suara itu akan diamankan di kantor Negeri masing-masing dan besok akan dilanjutkan di PPK dan di hari Kamis besok, maka PPK di Kecamatan akan melakukan pleno rekapitulasi ditingkat Kecamatan.

Ditanya soal apakah ada gamba­ran siapa dari Presiden, DPD dan DPR RI yang unggul sementara, dia menjelaskan, yang bisa disampaikan hingga waktu ini, bahwa PPK juga sementara merampung data dari PPS. Maka jika terkait data itu, dipas­tikan baru akan diketahui besok.

“Tapi tahapan yang sudah boleh selesai, Hutumuri sendiri Paslon Presiden 02 unggul dan diikuti oleh 03 Dan 01. Sementara untuk DPD masuk dirampungkan. Jadi belum bisa memberikan gambaran siapa yang peroleh suara terbanyak.

Mungkin 1-2 jam kemudian,”ujar­nya.

Tidak lupa, pihaknya berterima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung semua proses ini sebab si Leitisel tidak ada kendala yang berarti.

Dia menyebutkan, untuk TPS 6, DPR RI Hendrik Lewerissa, (53) suara, Mercy Barends (41) suara, Michael Wattimena (45) suara, Marthen Maspaitella (9) suara, Azis Samual (15) suara, Widya Pratiwi (20) Suara.

Sementara TPS 8, Hendrik Lewerissa (38) suara, Mercy Barends (69) suara, Michael Wattimena (26) suara, Marthen Maspaitella (17) suara, Azis Samual (21) suara, Widya Pratiwi (12) suara.

Begitu  juga data sementara di Kecamatan Sirimau pada TPS 8, 9 dan 18 Kelurahan Batu Gajah pasangan nomor 2, Prabowo-Gibran men­dapartakan 464 suara, sedangkan pasangan nomor 3 Ganjar-Mahfud mendapatkan 86 suara, dan pasangan Anies hanya mendapatkan 4 suara.

Data Pemkot

Perolehan suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang berlangsung 14 Februari, pasangan nomor urut 2 masih unggul

Data yang berhasil diperoleh Siwalima dari situngpemilu dari Pemerintah Kota Ambon, tepatnya di ruang Vlisingen, data yang masuk baru berkisar 39,80%. Dari data yang masuk, Pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming berhasil memperoleh 72% suara atau 72.174 pemilih.

 

Sedangkan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD berhasil memperoleh 18% atau 17,630 pemilih. Lalu diposisi terakhir Anis Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 11% suara atau 10.633 suara.

Kemudian untuk DPR RI, Hendrik Lewerissa dari Partai Gerindra berhasil menduduki posisi puncak dengan memperoleh 1125 Suara. Diposisi kedua ada nama Mercy Barends dengan perolehan 743 suara, diikuti Widya Pratiwi 271 Suara.

Selanjutnya posisi keempat ada Jhon Pieris dengan 221 suara dan Michael Wattimena ada 203 suara.

Sedangkan untuk data DPRD Kota belum berhasil dihimpun lantaran data yang masuk masih minim.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Ambon, Safrudin Layn ketika dikonfirmasi mengatakan, sampai pukul 22.00 WIT belum ada data yang masuk ke PPK maupun ke KPU Kota Ambon.

“Belum ada data yang masuk karena semuanya sementara berproses menyelesaikan proses penghitungan dan penyelesaian  di TPS-TPS, “tandasnya.

Berjalan Aman

Walaupun Proses Pencoblosan pemilihan Presiden dan wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten kepulauan Aru berlangsung tanpa kehadiran satupun komisioner KPU Maluku sebagai pelaksana tugas di KPU Aru, namun atas koordinasi yang baik dari berbagai sektor proses pencoblosan berjalan dengan aman hingga selesai.

Pantauan Siwalima, Rabu (14/2) di lapangan terlihat seluruh proses pencoblosan hingga selesai berjalan dengan aman, walaupun ada beberapa kendala yang di hadapi, seperti kurang surat suara maupun kurang mengerti oleh pelaksana KPPS terkait pemilih DPTk yang akan menyalurkan haknya.

Namun, dengan konsisten sekreta­ris KPU Aru bersama jajarannya untuk sukseskan pemilu tahun 2024 mereka dapat menyele­saikan dengan baik dan aman.

Seperti yang terjadi pada TPS 24 kelurahan Siwalima yang mengalami kekurangan surat suara maupun tersalur hak politik masyarakat yang gunakan DPTk pun dapat disele­saikan dengan baik oleh sekretaris KPU Aru, Paulina Talutu maupun stafnya turun langsung ke TPS-TPS guna memberikan penjelasan sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang.

“Pada prinsipnya kami tetap konsisten untuk memberikan yang terbaik sehingga proses hari ini malai pencoblosan hingga pungut hitung semua dapat berjalan dengan aman dan tertib,” ungkapnya.

Kata Talutu, atas kerja sama dan koordinasi yang baik dengan semua jajaran baik kepolisian, Bawaslu dan jajaran hingga dukungan masyarakat secara umum.

Konsisten staf KPU Aru dalam menyikapi pelbagai persoalan teknis yang dihadapi memberikan rasa puas bagi pemilih menyalurkan hak politiknya.

Sementara itu, hingga berita ini naik cetak, proses pungut hitung masih pada tahap penghitungan suara  Pilpres dan DPR RI, itu pun baru dilaksanakan oleh beberapa TPS dalam kota Dobo yakni kelurahan Siwalima dan kelurahan GalayDubu.

Sementara proses hitung pada calon DPD, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten kepulauan Aru belum mulai.(S-20/S-10/S-18/S-11/S-17/S-28/S-26/S-25)