AMBON, Siwalimanews – RSUD dr M Haulussy akhirnya menyelesaikan seluruh tahapan pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati.

Tercatat sebanyak 20 bakal pasangan calon kepala daerah menjalani pemeriksaan kesehatan selama tiga hari di RSUD Haulussy dengan melibatkan 20 tenaga dokter spesialis.

“Kita telah melakukan pemeriksaan kesehatan sebanyak 20 bakal pasangan calon kepala daerah yang melakukan MoU dengan RSUD Haulussy. Terakhir tadi malam sampai jam 22.00 WIT untuk sembilan pasangan,” ucap Sekretaris RSUD Haulussy Fatum Pulhehe kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Selasa (3/9).

Ia menjelaskan, sejak awal pemeriksaan kesehatan terhadap bakal pasangan calon kepala daerah berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala, namun terjadi sedikit masalah di hari terakhir pemeriksaan kesehatan.

Persoalan terjadi terkait alat treadmill  jantung mengalami gangguan dan membutuhkan waktu untuk menangani persoalan tersebut.

Baca Juga: Tak Miliki Dokumen, Balai Karantina Tolak Ribuan Bibit Pala Masuk Ambon

“Karena alat treadmillnya itu gangguan, maka direktur memutuskan melakukan kerja sama dengan RSUP Leimena khusus untuk treadmill saja, sedangkan MMPI semuanya di RSUD Haulussy. Jadi sudah tuntas semua,” tegasnya.

Pulhehe memastikan, RSUD Haulussy hari ini akan melakukan pleno terkait hasil pemeriksaan untuk menentukan bakal pasangan calon mampu atau tidak untuk memenuhi syarat calon.

“Hari ini tim dokter pemeriksa akan pleno dan besok itu kita pleno dengan KPU Maluku maupun empat kabupaten lainnya,” jelasnya.(S-20)