AMBON, Siwalimanews – Tahapan pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon yang berlangsung di RSUP dr Leimena, sejak 30-31 Agustus, turut diawasi Badan Pengawas Pemilihan Umum  Kota Ambon.

Diketahui, untuk Kota Ambon sendiri, terdapat empat bakal pasangan calon yang menjalani pemeriksaan. Keempatnya menjalani pemeriksaan dihari yang berbeda, dimana bapaslon Bodewin M Wattimena-Ely Toisuta, kemudian pasangan Jantje Wenno-Syarif Bakri Asyathry menjalani pemeriksaan pada, Jumat (30/8) kemarin.

Sementara pasangan Agus Ririmasse-Muhammad Novan Liem dan pasangan Muhammad Tadi Salampessy-Emilyh Dominggus Luhukay, menjalani pemeriksaan hari ini, Sabtu (31/8). Pemeriksaan sendiri diperkirakan berlangsung kurang lebih 10 jam yang dimulai sejak pukul 07.00 WIT.

Dimana proses pentahapan itu, juga turut diawasi oleh Bawaslu Kota Ambon dan juga Bawaslu masing-masing kabupaten/kota yang kandidatnya menjalani pemeriksaan di RSUP dr Leimena, seperti kemarin Bawaslu SBB, dan hari ini terlihat juga Bawaslu Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).

Koordinator Divisi  Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Ambon, Suminar Setiati Sehwaky kepada wartawan di RSUP dr Leimena, Sabtu (31/8) memberikan apresiasi kepada pihak rumah sakit yang telah melaksanakan tahapan pepmeriksaan kesehatan bagi bapaslon kepala daerah dan wakil kepala daerah khususnya Kota Ambon dengan lancar.

Baca Juga: Jaksa Tuntut Mantan Walikota Tual 7 Tahun Bui

“Alhamdulillah proses pemeriksaan kesehatan yang dimulai sejak kemarin, semuanya berjalan lancar. Teknik pemeriksaannya yang kita awasi juga sesuai prosedurnya,” ujarnya.

Ia mengaku, hal yang dikhawatirkan Bawaslu adalah, soal jangan sampai ada para bakal calon yang melewati proses pemeriksaan sesuai prosedur persyaratan pencalonan.

“Yang dikhwatirkan itu, jangan sampai ada bakal calon tertentu yang tidak menjalani pemeriksaan sesuai prosedur yang seharusnya. Artinya setiap prosedur pemeriksaan kesehatan harus dilaksanakan jangan sampai ada yang terlewati. Tapi Alhamdulillah, sejak dari kemarin pukul 07.00 WIT sampai dengan selesainya itu pukul 22.30 WIT dan dilanjutkan hari ini, semuanya berjalan dengan baik dan lancar,” ucapnya.

Untuk itu, pihaknya memastikan, tidak ada masalah dalam tahapan pemeriksaan kesehatan, sebab semuanya berjalan sesuai prosedur.

“Memang sebelum ini berjalan sudah ada koordinasi dengan pihak rumah sakit. Jadi menurut kami, kinerja pihak RSUP dr Leimena sudah bagus dan tidak ada kendala tertentu,” tandasnya.(S-25)