AMBON, Siwalimanews – Rumah Generasi mengajak media di Kota Ambon untuk mewujudkan pemberitaan yang adil, akurat dan inklusif. Terutama dalam mengangkat isu-isu perempuan dan kelompok marginal serta isu sosial lainnya.

Wakil Direktur RG Oktovianus Pattikawa dalam pertemuan bersama jurnalis dan forum media di Kota Ambon, yang berlangsung di kantornya Selasa (8/10) mengatakan, media punya peran penting, terutama soal membentuk opini publik dan mempengaruhi persepsi masyarakat tentang berbagai isu sosial di masyarakat.

“Nilai inklusif adalah bagaimana memastikan bahwa setiap narasi pemberitaan tidak mengandung stigma atau diskriminasi bagi objek tertentu,” jelasnya.

Ketika media menerapkan nilai inklusif, lanjutnya sudah sangat membantu menciptakan masyarakat yang lebih adil dan setara. Seperti sebutan janda.

“Sekarang tidak lagi mengenakan istilah itu, karena cacat. Itu juga hanya bisa dikenakan untuk suatu benda, tidak lagi pada manusia atau orang, demikian pula dengan isu-isu perempuan dan anak,” terangnya.

Baca Juga: Menteri ESDM Sentil Ekonomi Indonesia Belum Menentu

Oleh karena itu, penting bagi media untuk memiliki perspektif yang inklusif dalam peliputan. Selain itu media memiliki tanggung jawab besar dalam pemberitaan, terutama berita yang mendidik dan mempengaruhi perubahan positif.

Dengan mengadopsi nilai inklusif, media dapat memainkan peran penting dalam mengangkat isu-isu perempuan maupun masalah sosial lainnya. Termasuk memberikan panggung bagi penyandang disabilitas agar bisa berbagi cerita dan pengalaman mereka.

“Dengan ini bisa membantu meningkatkan kesadaran masyara­kat tentang masalah yang mereka hadapi, sehingga mendorong peru­bahan kebijakan maupun tindakan yang lebih berpihak pada keadilan sosial bagi mereka,” harapnya.

Sementara itu, Asisten Program Inklusif, Yunita Luhulima menjelas­kan lewat program inklusif media diajak bagaimana mengembangkan kualitas dan strategi pemberitaan yang inklusif.

“Ini agenda rutin yang dilakukan. Melalui kegiatan ini juga ada masukan-masukan yang nantinya dapat kami buat seperti kegiatan-kegiatan apa yang sudah dan akan dilakukan Rumah Generasi akan dishare untuk diketahui oleh publik dari pemberitaan,” jelasnya. (S-25)