AMBON, Siwalimanews – Pasangan Jeffry Apoli Rahawarin – Abdul Mukti Keliobas menawarkan sembilan program unggulan, jika terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku.

Sembilan program unggulan tersebut dicetus guna menjawab visi dan misi menjadikan Maluku rumah besar yang sejahtera.

“Sembilan program calon Gubernur Maluku Jeffry Apoli Rahawarin kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Senin (30/9) mengungkapkan, sembilan program unggulan disusun begitu sederhana tetapi memiliki daya dukung yang kuat untuk menjadikan Maluku yang lebih sejahtera.

“Kita punya sembilan program unggulan, kita buat lebih sederhana agar mudah dicapai, sebab kita tidak ingin menjanjikan yang hebat-hebat kepada masyarakat, tapi ujung-ujungnya tidak dapat dicapai. Program unggulan ini berkaitan dengan tagline kami Beta janji Beta jaga, ” beber JAR.

Sembilan program unggulan pasangan JAR – AMK yaitu, pertama, menurunkan angka kemiskinan di Maluku, kedua, menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Maluku melalui strategi

Baca Juga: Unpatti-BFI Finance Jalin Kerjasama

investasi sebagai instrumen pusat ekonomi baru.

Ketiga, membangun industrialisasi rumput laut dan kelapa, keempat, mendirikan SMK Musik dan Pariwisata di Maluku serta mengembalikan kejayaan olahraga Maluku. Kelima, meningkatan layanan kesehatan sampai pada tingkat pemukiman.

Keenam, mendorong percepatan pembangunan infrastruktur untuk memperkecil kesenjangan antar daerah. Ketujuh, memberikan tunjangan kehormatan bagi guru mengaji, guru sekolah

minggu/tuagama/marbot, pembimbing agama anak-anak lainnya di 1198 desa atau negeri.

Kedelapan, melaksanakan merit sistem melalui mekanisme job fit untuk mendapatkan

ASN yang sesuai dengan kemampuan dan kompetensi dan kesembilan, membuat peta kerawanan sosial sebagai sistem peringatan dini (early warning system) melalui kelembagaan Rumah Kewang Jaga Damai (RKJD).

“Kondisi Maluku saat ini memang memerlukan percepatan, maka sembilan program unggulan ini kami yakin akan menjawab semua persoalan Maluku,” tegas JAR.(S-20)