AMBON, Siwalimanews – Puluhan prajurit TNI diterjunkan melakukan bakti sosial dengan membersihkan sampah yang meng­gunung di Pasar Mardika, Selasa (8/10).

Sampah-sampah ini sudah dibiar­kan pemerintah sejak lama dan tidak diangkut sehingga menimbulkan kesan kumuh di Pasar Mardika.

Pembersihan sampah dipimpin Danrem 151 Binaiya Brigjen TNI Antoninho Rangel da Silva dengan melibatkan prajurit dari tiga matra TNI dan didampingi oleh pejabat dari Provinsi Maluku.

“Karya Bakti ini merupakan bentuk keterlibatan nyata TNI dalam pemeliharaan lingkungan sekitar,” kata Pangdam XV Pattimura, Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo dalam sambutan yang dibacakan Danrem 151 Binaiya.

Dijelaskan karya bakti TNI me­rupakan implementasi pembangunan yang berlandaskan UU Nomor 34 Tahun 2024 tentang TNI, yang dilaksanakan melalui Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Baca Juga: Panglima: TNI Selalu di Garis Depan Lindungi NKRI

“Kegiatan ini bertujuan, untuk mendukung pemerintah daerah dan memberdayakan wilayah pertahanan, serta membangun kemanunggalan antara TNI dan rakyat. Diperlukan koordinasi dan solidaritas antara unsur TNI, pemerintah daerah dan masyarakat untuk mencapai tujuan tersebut,” jelas Pangdam.

Menurutnya TNI harus ikut berperan aktif dalam pengelolaan dan pelestarian lingkungan. Upaya menjaga kelestarian lingkungan adalah langkah preventif terhadap perubahan dan kerusakan yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia.

“Mari, kita menjadi pelopor dalam melaksanakan Karya Bakti ini dengan semangat dan gembira, demi lingkungan yang bersih serta masyarakat yang sehat,” ajaknya.

Turut hadir pejabat pada kegiatan tersebut diantaranya, Kasi Ter Kasrem 151 Kolonel Inf DC Soumokil, Waaster XV Pattimura Letkol Arm Budi Satria, serta Kabid Disperindag Provinsi Maluku Yaya Kotta. (S-10)