AMBON, Siwalimanews – Pangdam XVI Pattimura Mayjen Syafrial bersama Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif, meninjau langsung kesiapan pengamanan ibadah Natal di sejumlah gereja di Kota Ambon, Minggu (24/12).

Dua gereja yang ditinjau yaitu Gereja Katedral dan Maranatha. Kapolda, Pangdam dan Danlantamal IX Brigjen Said Latuconsina, juga mengecek Pos Pengamanan di kawasan Talake, dan Pos Pelayanan di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

Kapolda disela-sela peninjauan itu mengatakan, proses pengecekan kesiapan pengamanan Natal 2023 terbagi dalam tiga tim. Tim ini bergerak bersama mengunjungi 16 pos pengamanan maupun pelayanan di Ambon.

“Hari ini saya dengan pangdam dan beberapa forkopimda, ada Danlantamal dan Kapolresta, kita lakukan pengecekan ke pos dan tempat-tempat ibadah, khususnya gereja-gereja yang besar seperti Gereja Katedral dan Maranatha,” ucap kapolda.

Pengecekan tersebut kata kapolda, dilakukan untuk melihat dan memastikan kesiapan pengamanan oleh seluruh personel.

Baca Juga: Kaesang Diberi Gelar Adat Oleh Masyarakat Hutumuri

Kapolda juga memberikan apresiasi kepada organisasi Maluku Satu Rasa Salam Sarane yang turut membantu berjaga-jaga di depan gereja. Ia berharap hal tersebut dapat menjadi semangat yang baik dalam menjaga kerukunan antar umat beragama.

“Kita sangat mengapresiasi bahwa dari lintas agama juga melakukan pengamanan di Gereja Maranata ini,  mudah-mudahan menjadi semangat yang baiklah untuk menjaga kerukunan dan toleransi antar sesama,”ujar kapolda.

Mantan Kapolda NTT itu mengatakan, perayaan Natal dan Tahun Baru khususnya di Ambon serta Maluku pada umumnya dapat berjalan aman, nyaman dan membawa kedamaian.

“Tadi penjelasan dari bapak pendeta, bahwa gereja dapat melaksanakan ibadah dengan baik dan masyarakat juga cukup antusias dibanding dengan tahun sebelumnya yang masih ada covid,” ujarnya.

Dirinya juga berharap, semua elemen masyarakat dapat ikut menjaga situasi kamtibmas pada perayaan Natal dan Tahun Baru.

Ditempat yang sama Pangdam XVI Pattimura Mayjen Syafrial menegaskan, TNI akan selalu mendukung pengamanan yang dilakukan Polda Maluku.

“Saya harapkan saudara-saudara kita yang beragama Kristen dapat melaksanakan ibadah Natal dengan nyaman dan damai,” ujar Pangdam.

Untuk diketahui, dalam proses pengecekan kesiapan pengamanan Natal, Polda Maluku membagikan tiga tim. Tim pertama dipimpin langsung oleh Kapolda. Sementara untuk tim kedua, dipimpin Wakapolda Brigjen Stephen M Napiun.

Tim kedua meninjau Pos Pengamanan Air Salobar, tempat putar angkot Kudamati dan Pos pengamanan Jembatan Merah Putih di Galala. Sedangkan tim ketiga dipimpin Direktur Intelkam Polda Maluku. Tim ketiga meninjau Pos JMP Poka, Durian Patah dan Pos pengamanan Passo.(S-10)