Operasi Zebra Digelar, Karo Ops Himbau Masyarakat Taat Aturan

AMBON, Siwalimanews – Operasi lalu lintas terpusat dengan sandi Zebra Salawaku, resmi digelar di Maluku.

Dimulainya operasi tersebut di tandai dengan  apel gelar pasukan yang dilakukan Polda Maluku di lapangan Polda Maluku, Tantui, Kota Ambon, Senin (14/10).

Kombes Ronald Refli Rumondor dalam arahannya pada gelar pasukan itu, minta setiap personel yang dikerahkan dalam operasi zebra agar senantiasa memberikan edukasi, sosialisasi dan menghimbau masyarakat untuk selalu taat kepada aturan dan ketertiban lalu lintas saat berkendara di jalan raya.

“Selain anggota kita melakukan himbauan, kami juga harap ada partisipasi masyakat untuk menaati aturan lalu lintas dalam berkendaraan, ” pinta Kombes Ronald.

Baca Juga: Fenanlampir: Hukum Duan Lolat Rusak Karena Politik Uang

Operasi zebra kata Kombes Ronald, bertujuan untuk menurunkan angka kecelakaan lalulintas dan potensi terjadinya laka lantas yang saat ini sangat tinggi dengan sasaran para pelanggar lalu lintas.

Para personel yang terlibat dalam operasi, juga diminta agar dapat melakukan deteksi dini pada semua lokasi yang berpotensi atau rawan terjadinya laka lantas.

“Lakukan sosialisasi dan himbauan atau edukasi positif kepada masyarakat untuk selalu taat kepada aturan lalu lintas dan selalu menjaga ketertiban saat berkendara di jalan raya,” jelasnya.

Para personel yang dikerahkan juga kata Kombes Ronlad, harus dapat menegakkan hukum secara elektronik dan profesional kepada para pelanggar lalu lintas.

“Lakukan counter opini terhadap informasi atau berita hoax terkait pelaksanaan operasi zebra tahun 2024,” tandas Kombes Ronald.

Polres SBB

Kegiatan yang sama juga dilaksanakan Polres SBB, dimana apel gelar pasukan ini dipimpin Kapolres SBB AKBP Dennie Andreas Dharmawa di kapangan upacara Mapolres SBB, Senin (14/10).

Kapolres pada kesmepatan itu mengatakan, apel gelar pasukan ini dilakukan dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Pemilu tahun 2024 yang akan dilaksanakan mulai 14-27 Oktober.

“Operasi Zebra 2024 ini dilaksankan serentak di seluruh wilayah Indonesia dengan tema Mendukung Suksesnya Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih. Untuk itu masyarakat diajak untuk tertib dalam berlalu lintas, demi terwujudnya Kamseltibcar lintas yang aman dan nyaman,” tandas kapolres.

Operasi Zebra Salawaku tahun ini juga kata kapolres, bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas korban laka serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, dengan sasaran operasi meliputi, segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas baik sebelum, pada saat dan pasca Operasi Zebra Salawaku 2024.

“Operasi Zebra Salawaku 2024 yang dilaksankan Polres SBB adalah operasi bidang lalu lintas yang mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta didukung penegakkan hukum lalu lintas secara elektronik, baik statis maupun mobile dan teguran simpatik dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” jelasnya.

Kepada personel yang terlibat dalam operasi kapolres minta, agar melaksanakan deteksi dini pada semua lokasi rawan terjadinya kemacetan, pelanggaran dan laka lantas, lakukan penyluhan melalui kegiatan sosialisasi dan edukasi positif kepada masyarakat untuk membangun kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas.(S-18)