AMBON, Siwalimanews – Dipastikan awal bulan Oktober mendatang, Presiden Joko Widodo akan melakukan kunjungan kerja di Maluku.

Orang nomor satu di Indonesia ini rencananya akan mengunjungi Buru Selatan dan Kabupaten Seram Bagian Timur.

“Betul jadi pak Presiden akan berkunjung dua hari ke Maluku. pak Presiden akan berkunjung ke dua kabupaten yakni Buru Selatan dan SBT,” ungkap Plh Sekretaris Daerah Maluku, Suryadi kepada Siwalima di ruang kerjanya, Kamis (26/9).

Suryadi mengatakan, berdasarkan hasil koordinasi dengan kantor staf kepresidenan maka kunjungan kerja Presiden Joko Widodo direncanakan berlangsung dua hari yakni tanggal 3-4 Oktober 2024.

Di hari pertama dalam kunjungan ke Kabupaten Buru Selatan, Pre­siden diagendakan akan me­ngun­jungi RSUD Buru Selatan, guna melihat langsung kondisi rumah sakit tersebut dan mungkin diberikan bantuan.

Baca Juga: Pengalaman Buruk Pilkada Sebelumnya Jangan Terulang

Presiden Jokowi juga diagendakan akan mengunjungi Pasar Namrole untuk melihat kondisi pasar sekaligus melakukan wawancara dengan pedagang.

“Mungkin ada penyerahan bantuan disana dan sore pak Presiden kembali ke Ambon untuk bermalam, paginya bertolak ke SBT,” ucap Suryadi..

Menurutnya, selama berada di SBT, Presiden diagendakan akan mengunjungi RSUD Bula untuk melihat perkembangan rumah sakit termasuk pelayanan BPJS dan diikuti dengan penyerahan bantuan.

Mantan Gubernur Jakarta itu juga diagendakan mengunjungi SMK 1 Seram Bagian Timur yang bergerak di bidang agrobisnis Pertanian tanaman pangan dan holtikultura untuk melihat perkembangan SMK dan menyerahkan bantuan.

“Setelah itu pak Presiden akan sholat Jum’at di masjid raya dan sorenya bertolak ke Ambon dan menuju Jakarta,” terangnya.

Terkait dengan kesiapan, Suryadi memastikan Pemprov Maluku terus melakukan koordinasi dengan semua pihak termasuk pemerintah dua kabupaten tujuan presiden.

“Kemarin sudah zoom meeting dengan kepresidenan dan hari ini jam 4 ada zoom meeting dengan dua Pjs Bursel dan SBT,” pungkasnya..

Pemprov tambah Suryadi juga telah melakukan koordinasi dengan Balai Jalan terkait kondisi jalan dari Kufar menuju Bula yang akan ditempuh Presiden.

Pemkab SBT Siap Sambut

Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur dan seluruh masyarakat menyambut baik kunjungan kerja Presiden Jokowi Widodo dan Ibu negara di kabupaten yang bertajuk Ita Wotu Nusa

Hal tersebut disampaikan Pejabat Sementara Bupati SBT, Djalaludin Salampessy kepada sejumlah wartawan usai menghadiri kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota DPRD SBT, Kamis (26/9).

“Kami secara resmi sudah dikonfirmasi dari protokol provinsi tentang rencana kunjungan dan akan dikomunikasikan sebentar sore lewat zoom dan rencananya beliau tanggal 4 Oktober kalau tidak salah setelah tanggal 3 berkunjung ke Buru Selatan,” katanya

Langkah yang perlu diantisipasi, lanjut Salampessy, adalah keterlibatan semua pihak untuk menyiapkan daerah SBT harus aman.

SBT kata Salampessy, harus mampu menyuarakan tentang kebutuhan-kebutuhan masyarakat untuk diketahui oleh Pemerintah Pusat bahwa SBT merupakan salah satu satu kabupaten yang butuh perhatian khusus.

“Untuk itu, kami sudah meng­instruksikan agar kita menjaga situasi keamanan dan ketertiban.  dengan tujuan utama  untuk men­citrakan dalam kunjungan itu bahwa daerah ini perlu dibangun. Jadi segenap hati dan seluruh masya­rakat untuk bisa mewujudkan harapan-harapan yang saya sampai­kan ini,” paparnya. (S-20/S-27)