Siapa yang bakal diusung PDI Perjuangan sebagai calon Gubernur Maluku, masih tetap misteri.

Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang adalah penentu utama dalam setiap keputusan strategis partai banteng diisukan akan mengumumkan calon kepala daerah termasuk Provinsi Maluku pekan depan.

Kepastian pengumuman nama balon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku ini dibenarkan Ketua DPD PDIP Provinsi Maluku, Benhur George Watubun.

Ketua DPRD Maluku ini mengatakan, DPP PDIP tentu memiliki hitung-hitungan yang tepat terkait waktu pengumuman bakal calon kepala daerah.

Hanya saja Watubun belum mengetahui siapa bakal calon Gubernur Maluku yang akan diputuskan oleh DPP, karena itu menjadi rahasia DPP.

Baca Juga: Mungkinkah HL Gandeng AV?

Namun yang pasti dari empat nama bakal calon Gubernur Maluku yang mendaftar di PDIP Maluku, telah mengerucut ke satu nama yang akan diumumkan DPP.

Mereka yang telah mendaftar yakni, Febry Calvin Tetelepta, Jeffry Apoly Rahawarin, Said Latuconsina dan Barnabas Orno.

Sebagai partai politik yang memperoleh kursi terbanyak di DPRD Maluku, PDIP pasti akan sangat selektif dalam menerbitkan rekomendasi serta memiliki kepentingan politik yang kuat untuk mempertahankan kursi kekuasaan Gubernur Maluku,

Karena kepentingan itulah Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum akan sangat selektif dalam menentukan arah keputusan partai berlambang banteng itu.

secara universal dalam blantika perpolitikan Indonesia, memang PDIP selalu tampil sebagai partai yang bukan saja hati-hati tetapi mengambil posisi selalu menentukan kemenangan di saat-saat genting.

Artinya, dalam berbagai kesempatan biasanya pengumuman dan deklarasi calon oleh PDIP dilakukan paling akhir dari semua partai politik.

Sebagai incumbent tentu tingkat kehati-hatian dari PDIP ada pada ambang batas yang maksimal, termasuk untuk Pilkada Maluku.

Sehingga tidak mudah bagi PDIP untuk memunculkan siapa yang akan dicalonkan, sebab secara internal tentu DPP akan melihat elektabilitas dari Jeffry Apoly Rahawarin, Febry Calvin Tetelepta, Said Latuconsina dan Barnabas Orno. Empat balon kepala daerah yang sudah mendaftar di DPD PDIP Maluku.

Keempat balon kepala daerah ini tentu saja memiliki kemampuan yang tidak dapat diragukan sehingga pasti semuanya akan dipertimbangkan dengan matang.

Siapakah yang bakal diberikan rekomendasi, pastinya para balon kepala daerah, partai politik maupun kader-kader PDIP menunggu keputusan Ketua Umum, apakah kader yang akan memperoleh rekomendasi ataukah sebaliknya non kader?

Hanya saja itu masih menjadi kerahasiaan dan belum diketahui DPD PDIP Provinsi Maluku.

Harus diakui, PDIP itu memiliki insting politik yang sangat tajam, jadi siapapun calon yang direkomendasikan pasti berpotensi besar memenangkan Pilkada Gubernur Maluku.(*)