BULA, Siwalimanews – Ribuan warga sejumlah negeri di Seram Bagian Timur, bertekad meme­nangkan Abdul Mukti Keliobas dan Idris Rumalutur, pada Pilkada yang digelar 9 Desember nanti.

Komitmen itu disampai­kan oleh kelompok yang me­namakan diri seba­gai Warga Seram Timur Raya, dika­renakan mereka mempu­nyai keinginan kuat agar ada keterwakilan dari anak ne­geri adat di pemerintahan SBT.

“Ini periode terakhir Pak Mukti, jadi kami sudah ber­komitmen untuk menangkan paslon ADIL di Seram Timur Raya, agar kesempatan se­lanjutnya setelah pemerin­tahan ADIL, maka Seram Timur Raya akan dapat peluang untuk calon bupati mendatang,” teriak warga pada setiap kampanye pas­lon ADIL yang digelar di Geser, Urung, Ainena, Guli-Guli dan Bugi­sinis, Selasa (1/12) siang hingga malam hari.

Dalam orasi di setiap ne­geri, calon bupati yang oleh warganya selalu disapa Jou Mukti, berjanji akan mem­persiapkan tokoh Se­ram Timur Raya, sebagai peng­gantinya nanti.

Di setiap kesempatan, bupati petahana ini juga meyakinkan warga bahwa dia datang berkampanye de­ngan hati yang bersih dan tekad kuat untuk men­sejahterakan warga SBT.

Baca Juga: Noach Masih Teratas

“Untuk itu saya minta para pen­dukung saya untuk memilih dengan hati yang bersih dan jaga hubungan silaturahmi antar sesama warga SBT,” ujar Mukti.

Mantan Ketua Golkar SBT ini  meyakini kemena­ngan akan meng­hampirinya de­ngan upaya dan usaha yang selama ini dilaksa­nakan ber­sama tim peme­nang, tim pendukung, sim­pa­tisan, relawan dan parpol peng­usung dan pendu­kung.

Mukti juga membeberkan program prioritasnya jika terpilih nanti di­antaranya, birokrasi yang bersih dan murni dengan konsep satu OPD satu inovasi, serta me­mangkas birokrasi yang malas, masah bodoh dan apatis agar bisa diterima semua orang.

“Selain itu saya juga akan me­ningkatan mutu pendi­dikan dengan pelayanan publik yang efektif. Me­ning­katkan pela­yanan ke­sehatan terhadap masya­rakat SBT baik dari tenaga medis maupun pe­ningkatan infra­struktur rumah sakit sampai di ting­kat puskes­mas pem­bantu,” janjinya.

Di sisi lain, untuk meng­genjot pen­dapatan asli dae­rah, dia berjanji akan lebih fokus pada sektor per­ikanan, karena SBT miliki laut yang lebih luas dengan potensi laut yang memadai diban­dingkan dengan ka­was­an di daratan.

Mukti juga menepis isu yang beredar belakangan ini tentang kegagalan dalam pemerintahan yang dipim­pinnya. Menurut Jou Mukti, jika ada orang yang sam­paikan bahwa pemerintahan saat ini gagal, maka wakil bupati saat ini harus segera sampaikan ke publik untuk mundur dari pemerintahan yang mereka jalankan saat ini.

“Jika dalam satu pemerin­tahan tidak mendukung kemajuan daerah, maka perlu dipertanyakan ke­ikh­lasannya dalam memba­ngun daerah tercinta ini,” ujarnya.

Mukti juga membeberkan capaian program selama memimpin SBT 5 tahun terakhir.

“Terjadinya peningkatan PAD yang mencapai Rp 39 miliar per tahun dari sebe­lumnya berkisar hanya Rp 20 miliar. Selain itu pe­ningkatan jaringan telepon juga telah dibangun 49 tower,” beber­nya.

Di sisi lain, tambah Mukti, indeks pembangunan ma­nusia melaju mencapai 62 persen, disamping turunnya angka pengangguran.

Mukti juga mengaku pendapatan rata-rata pen­du­duk atau disebut dengan PDRB perkapita mulai dari tahun 2014-2018 semakin melaju dengan angka saat ini mencapai 10,17 persen di­bandingkan lima tahun lalu.

“Untuk indeks pemba­ngun­an desa dalam lima tahun terakhir, rata-rata 40,80 poin ditahun 2014, kemu­dian alami kenaikan jadi 47,23 poin. Artinya setiap dimensi dalam IPD itu alami pe­ningkatan dari sisi pelaya­nan dasar, infra­struktur, aksesi­bilitas trans­portasi, layanan umum dan penyele­nggaraan peme­rintahan,” tuturnya.

Untuk pebangunan akses jalan kata Mukti, telah dilakukan pemba­ngunan mulai dari peningkatan jalan Bula-Werinama, Bula-Air Nanang, Pembangunan Jalan Kesui, Teor, Amarse­karu dan jalan lintas Pulau Gorom.

Pada pengelolaan anggar­an dae­rah, juga telah mem­peroleh predikat wajar de­ngan pengecualian dan dalam upaya untuk memper­oleh wajar tanpa penge­cualian.

Untuk itu tegas Mukti, jika paslon ADIL terpilih nanti, akan fokus terhadap sektor perikanan serta menguta­makan kesehatan dan pen­didikan.

Sementara itu, Ketua Tim Peme­nang PasloN ADIL, Agil Rumakat dalam orasi­nya mengatakan, saat­nya orang Seram Timur Raya mulai bangkit memegang kepe­mimpinan wakil bupati dan maju selangkah untuk hadir sebagai calon bupati periode akan datang setelah periode di tahun 2020 nanti.

Dikatakan, warga Seram Timur miliki semangat yang tinggi untuk me­mimpin kabupaten setelah Abdul­lah Vanath, dan Mukti Kelio­bas nanti. Untuk itu, Rumakat Meng­ajak se­mua Masyarakat Seram Timur Raya untuk mendukung Paslon ADIL.

“Saya harap kepada seluruh masyarakat Seram Timur Raya untuk mendukung Paslon ADIL, agar se­telah periode mukti, maka periode se­lanjutnya akan lahir bupati dari Seram Timur, sebagaimana kita ketahui bahwa Abdullah Vanath dua periode mempin SBT, dan saat ini harus Abdul Mukti Keliobas dua periode, agar kedepan peluang warga Seram Timur Raya memimpin SBT,” pinta mantan Ketua DPRD SBT ini. (S-47)