MASOHI, Siwalimanews – Tim kuasa khusus Mantan Pj Bupati Malteng Muhamat Marasabessy kembali menyambangi empat partai politik, untuk melakukan pendaftaran baka calon bupati Malteng, Senin (13/5).

Tim yang terdiri dari Marthin Soparue, Ronny Uryaan, Regen Sopacua dan Swengly Payara itu resmi mengembalikan berkas pendaftaran di PPP, Perindo, PSI dan Partai Gelora.

Kedatangan tim Marasabessy ini diterima seluruh pimpinan partai politik yang didatangi. Mereka memastikan, Marasabessy akan mengambil bagian dalam Pilkada Malteng, November mendatang.

Usai mendaftar, Soparue menegaskan keempat parpol itu adalah partai terakhir dari 8 partai Politik yang dikunci kandidatnya.

“Jadi setelah,Perindo, PSI, PPP dan Gelora tercatat telah 8 Parpol yang pak Mat daftar. Tentu, kami pastikan semua mekanisme di delapan parpol itu akan diikuti. Pak Mat, telah berkomitmen akan hadir sebagai salah satu kontestan di Pilkada Malteng nanti,” tandas Soparue.

Baca Juga: KPU Malteng Klaim Selektif Rekrut Panitia Adhock

Sebagai tim kuasa khusus yang berhubungan langsung dengan kandidat, Soparue meyakini Ketua DPP Alunmi Universitas Pattimura itu akan memperoleh rekomendasi parpol untuk maju di Pilkada November mendatang.

“Kami yakin doa masyarakat Malteng dikabulkan Tuhan, pada saatnya nanti pak Mat akan lolos sebagai salah satu kandidat bupati di Pilkada nanti,” jelasnya.

Menyinggung soal siapa kandidat balon wabup yang mendampingi Marasabessy, Soparue menjelaskan, telah ada beberapa calon yang sedang dalam penggodokan, namun kepastian tentang hal itu, akan diputuskan nanti bersama, koalisi partai politik pengusung.

“Keputusan itu ada di pak Mat sendiri. Yang kami ketahui sudah ada beberapa nama yang masih dalam proses penggodokan, apalagi memutuskan pendamping itu tidak gampang. Jelas bahwa perjuangan saat ini adalah untuk meraih tiket maju ke pilkada. Nantinya, mungkin, akan diputuskan bersama koalisi parpol pengusung beliau jika waktunya tiba,” ujar Soparue.

Terpisah Sekertaris DPC PPP Malteng Moh Agil menyebutkan, sampai dengan Senin (13/5) hari ini, Partai Kabah Malteng telah menerima  pengembalian berkas pendaftaran dari dua balon bupati dari lima kandidat yang mendaftar.

“Pa Mat kandidat bupati kedua yang resmi mengembalikan berkas dan mendaftar yang pertama ibu Mirati Dewaningsi dan yang lain sejauh ini belum resmi mengembalikan berkas pendaftaran,” jelasnya.

PPP kata Agil, tetap akan berlaku adil dan memproses seluruh bakal calon dengan adil.

“Selain akan menilai kecakapan dan kelayakan, PPP juga akan mengukur popularitas dan elektabilitas seluruh calon. Karenanya PPP akan selektif dan objektif dalam menilai semua kandidat dengan seadil adilnya,” tutupnya.

Senada dengan Sekertaris PPP, Ketua DPD Perindo Malteng Mustakim Tihurua dan Ketua DPC Perindo Abdul K Raharusun pun menyampaika hal yang sama. Bagi Mereka siapapun yang akan didukung partai mereka maju di Pilkada Malteng nanti adalah sosok yang lulus uji dan penilaian yang selektif dan objektif serta berpeluang besar memenangkan pertarungan di Pilkada Malteng nanti,” kata keduanya.(S-17)