PENJABAT Bupati Maluku Tengah (Malteng) mengapresiasi terselenggaranya musyawarah daerah ke- 3 Korps Alumni HMI (KAHMI) Malteng.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Maluku Tengah, saya mengapresiasi terselenggaranya Musda ke 3 KAHMI Malteng,” tandas Penjabat Bupati Malteng, Muhamat Marasabessy, saat membuka secara resmi Musda ke-3 KAHMI Malteng, yang berlangsung di Baileo Ir Soekarno di Masohi, Sabtu (5/11).

Marasabessy  mengatakan, HMI adalah organisasi kader yang sangat luar biasa. Olehnya berada dalam jajaran alumni HMI adalah suatu keberuntungan.

“Bagi saya, berada di tengah-tengah kader dan alumni HMI, merupakan suatu momen yang luar biasa. Saya katakan luar biasa karena fakta nasional menunjukan bahwa KAHMI merupakan wadah organisasi tempat berkumpulnya tenaga ahli alias ekspert,” puji Marasabessy.

Hal itu lanjut kadis PU Maluku itu, dikarenakan, kader-kader HMI memang teruji dalam belajar politik kenegaraan serta politik organisasi.

Baca Juga: Indey: Pemuda Harus Inovasi dan Kreatif

“Saya yakin, di Kabupaten Maluku Tengah banyak alumni HMI yang memiliki kemampuan luar biasa itu dan tersebar pada berbagai profesi,” timpalnya.

Dikatakan, di era globalisasi yang semakin kuat saat ini, dibutuhkan peranan kaum intelektual dengan sejumlah gagasan-gagasan cemerlang, kekuatan yang energik dan dengan pikiran-pikiran yang selalu bertransformasi sesuai dinamika atau perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang selalu bergerak cepat.

“Saya melihat, potensi itu dimiliki oleh kader HMI yang terwadahi dalam KAHMI. Harus kita akui, HMI telah menjadi ikon dalam upaya membentuk generasi bangsa yang kritis, yang memiliki kepekaan terhadap setiap dialek­tika kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia,” jelasnya.

Dikatakan, histori kelahiran HMI  telah mendorong peningkatan pendidikan dan kesejahteraan, dengan mengambil langkah-langkah yang tepat, strategis, dan terus berperan aktif dalam mem­berikan pencerahan dalam kehi­dupan kebangsaan di tanah air.

Menurutnya, fakta dengan tegas menujukan hingga saat ini, telah banyak alumni HMI, baik di level nasional maupun di daerah yang berkiprah dan memainkan peranan penting di hampir semua bidang, baik sosial, politik, ekonomi, pendidikan, birokrasi, maupun pada berbagai bidang profesi lainnya.

“Tentu tidaklah berlebihan, jika dikatakan arah perjalanan bangsa dan daerah kita di masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang, banyak diwarnai oleh pemikiran alumni HMI di berbagai lini,” ungkapnya.

Karenanya Marasabessy berharap KAHMI Malteng dapat terus berkolaborasi dengan pemerintah untuk terus bersinergi mensukseskan setiap program pemerintah.

“Melalui kesempatan yang membanggakan ini saya berharap, KAHMI Maluku Tengah dapat terus berkolaborasi serta bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mensukseskan berbagai agenda pembangunan, pemerintahan maupun pemberdayaan masyarakat.Perlu saya sampaikan, bahwa pemerintah daerah sangat merespon setiap ide dan gagasan konstuktif untuk mengembangkan daerah ini menjadi lebih maju dan berkembang,”harapnya.

Menutup sambutannnya Marasabessy mengajak seluruh kader alumni HMI untuk bergandengan tangan dengan pemerintah daerah kabupaten Malteng untuk mensukseskan seluruh program kegiatan yang sedang dilaksanakannya saat ini.

“Saya mengajak seluruh elemen daerah, termasuk KAHMI agar mendukung Gerakan Sapa Umat Berakhlak dan Berbudaya serta Kalesang Negeri yang telah saya canangkan sebagai upaya memperkuat civil society di Kabupaten Maluku Tengah,” tutup Marasabessy. (S-17)