AMBON, Siwalimanews – Maluku rumah besar yang sejahtera menjadi visi besar yang diusung pasangan Jeffry Apoli Rahawarin – Abdul Mukti Keliobas.

Hal ini disampaikan calon Gubernur Maluku Jeffry Apoli Rahawarin kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Senin (30/9).

JAR sapaan akrab Rahawarin membeberkan visi besar ia dan pasangannya tersebut bertolak dari kondisi masyarakat Maluku saat ini yang masih jauh dari kesejahteraan.

“Visi besar kita itu menjadikan Maluku rumah besar yang sejahtera. Rumah besar ini bermakna sumber daya alam yang dimiliki Maluku harus dapat membuat masyarakat menjadi sejahtera tanpa membedakan suku, agama dan kelompok masyarakat manapun,” ucap JAR.

Dijelaskan, untuk mencapai Maluku yang sejahtera, maka harus ada perubahan-perubahan dalam semua aspek, termasuk tata kelola pemerintahan yang selama ini belum dilakukan dengan baik.

Baca Juga: Aksi Demo Sopir Angkot Nyaris Ricuh, Pemprov Janji Bekukan Transportasi Online

JAR menegaskan, untuk mencapai visi besar tersebut, maka terdapat lima misi yang menjadi acuan pasangan JAR-AMK, pertama membangun ruang partisipatif melalui demokrasi kewargaan dalam semangat keakraban sosial dan berkarakter sosial, religius yang menghargai prinsip orang basudara melalui penguatan kelembagaan formal dan informal.

Kedua, mengoptimalkan pengelolaan sumber daya dan jasa kepulauan berkelanjutan untuk kesejahteraan rakyat. Ketiga, mewujudkan sistem tata kelola pemerintahan daerah yang akuntabel.

Keempat, memastikan terbangunnya sistem sosial kemasyarakatan yang adaptif dan kelima mewujudkan percepatan pertumbuhan ekonomi guna menciptakan kemandirian ekonomi daerah dengan mendorong transisi ekonomi ke sektor industri dan jasa.

Kemandirian ekonomi daerah menurut JAR akan dicapai dengan mendorong penguatan sektor industri dan jasa termasuk UMKM dengan pelaku usahanya adalah masyarakat.

“Kenapa kedepan kita perlu mendorong ekonomi ke sektor industri dan jasa karena ruang fiskal yang begitu kecil maka kita perlu dorong masyarakat ke sektor industri dan jasa,” jelas JAR.

Masyarakat lanjut JAR kedepannya harus mendapatkan perhatian serius dari pemerintah daerah sehingga masyarakat akan semakin sejahtera sesuai dengan visi besar pasangan JAR-AMK.(S-20)