AMBON, Siwalimanews – Satuan tugas Covid-19 Provinsi Maluku hari ini, Kamis (8/10) mencatat adanya penambahan 94 kasus positif baru dan 32 pasien dinyatakan sembuh.

Dari total 94 pasien yang baru terpapar ini, Kota Ambon menempati angka tertinggi dengan 87 pasien, kemudian Kota Tual 5 pasien  dan 2 pasien dari Kabupaten Maluku Tenggara.

“Bertambahnya 94 pasien baru ini, maka jumlah kasus positif di Maluku alami peningkatan menjadi 3.272 kasus.  Jumlah ini merupakan akumulasi dari 1.217 pasien dalam perawatan, 2014 pasien sembuh dan 41 pasien meninggal,” urai Ketua Harian Satgas Covid Maluku kasrul Selang kepada wartawan di Kantor Gubernur, Kamis (8/10).

Selain adanya penambahan kasus baru, satgas juga mencatat adanya penambahan 32 pasien sembuh. Puluhan pasien yang sembuh ini bersal dari Kota Ambon 31 pasien dan 1 pasien lagi dari Kabupaten Maluku Tengah.

Sedangkan 1.217 pasien yang saat ini sementara menjalani perawatan berasal dari 8 kabupaten/kota di Maluku dengan rincian, Kota Ambon 1.088 pasien, Kabupaten Maluku Tengah 48 pasien, Kbaupaten Buru 45 pasien, Kota Tual 14 pasien, Kabupaten Malra 7 pasien, Kabupaten SBB 8 pasien, Kepulauan Aru 5 pasien dan Kabupaten SBT 2 pasien.

Baca Juga: Ratusan Pegawai Pemprov Divonis Corona Tanpa Bukti

“Untuk suspek masih tetap berjumlah 364 yang terdiri dari Kota Ambon 362 suspek dan Kabupaten Maluku Tengah 2 suspek,” rinci Kasrul.

Satgas Maluku dan Kota Ambon akan terus meningkatkan test, trace dan treatment, sebab pandemi ini hanya dapat diatasi dengan masif tes, serta isolasi yang terpantau.

“Kepada masyarakat kami himbau agar tetap disiplin mentaati protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan serta menghindari kerumunan orang,” himbau Kasrul. (S-39)