AMBON, Siwalimanews – Kedua kalinya kontingen lomba banding nyanyi Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) asal Maluku keluar sebagai juara umum.

Kontingen Maluku berhasil menyingkirkan pesaing mereka di ajang Pesparani Nasional III yang digelar di Jakarta sejak 28-31 Oktober.

Sebelumnya di Pesparani Tingkat Nasional II yang berlangsung di Kota Kupang, NTT, kontingen Malu­ku keluar sebagai juara umum.

Keberhasilan kontingen Maluku setelah menjuarai tiga kategori lomba yaitu PS Dewasa Grego­rian, PS Dewasa Cam­puran dan Cerdas Cermat Rohani Anak.

Juara II jatuh ke tangan Provinsi Sulawesi Utara dan juara III direbut Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga: Pemprov Diberikan Deadline Penyerahan KUA-PPAS APBD 2024

Pengumuman gelar juara ini dilakukan pada upacara penutupan yang berlangsung di Ancol Beach City International Stadium, Jakarta Utara, Selasa (31/10) malam.

Upacara penutupan dilakukan setelah perayaan ekaristi penutupan Pesparani III yang dilanjutkan de­ngan penutupan dimana tim peserta di sajikan hiburan oleh artis ibukota.

Sementara deklarasi penutupan Pesparani III disampaikan Ketua Presidium Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr Antonius Su­bianto Bunjamin OSC.

Lepas Kontingen Maluku

Diberitakan sebelumnya, Sekda Maluku Sadli Ie melepas kontingen Pesparani Maluku yang berlang­sung di Wisma Gonzalo, Senin (23/10).

Juara lomba banding nyanyi Pesparani Katolik II asal Maluku turun dengan kekuatan penuh di 13 nomor lomba yang dipertandingkan.

Nomor lomba yang diikuti yakni Paduan Suara Anak (PSA), Paduan Suara Remaja Gregorian (PS RG), Paduan Suara OMK Campuran (PS OMKC).

Paduan Suara Dewasa Wanita (PSDW), Paduan Suara Dewasa Pria Gregorian (PS DPG), Paduan Suara Dewasa Campuran (PSDC), Menya­nyi Mazmur Anak, Menyanyi Maz­mur Remaja, Menyanyi Mazmur OMK Menyanyi Mazmur Dewasa.

Kemudian Cerdas Cermat Rohani (CCR) Anak, Cerdas Cermat Rohani (CCR) Remaja dan Tutur Kitab Suci (TKS) Anak.

Dalam sambutan gubernur yang dibacakan sekda mengaku kegiatan ini penting. Selain sebagai sarana untuk meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Tuhan, juga dapat meningkatkan dan mendorong semangat generasi muda dalam melantunkan kidung puji-pujian.

“Saya yakin saudara-saudara ten­tu sudah mengikuti pembinaan dan latihan dengan baik saya berharap apa yang telah saudara peroleh selama latihan dapat digunakan dan dimanfaatkan pada pelaksanaan Pesparani nanti,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua LP3D Maluku Pastor Agus Arbol menyampaikan, bahwa peserta Pesparani Maluku ini akan berlomba di Jakarta.

Menurutnya peserta yang dibagi ke dalam 3 zona, yakni zona 1 Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Barat mengikuti mata lomba PSA, PS OMK, Paduan Suara Campuran dan Paduan Suara Gregorian Dewasa Pria.

Zona 2 meliputi Kabupaten Malu­ku Tenggara dan Kota Tual dengan mata lomba  PS Gregorian Remaja dan PS Dewasa Campuran dan zona 3 KKT dengan mata lomba PS Dewasa Wanita.

Sedangkan seleksi mata lomba per­orangan yang terdiri dari Me­nyanyi Mazmur kategori anak, remaja, OMK, Dewasa, Cerdas Cermat Rohani anak dan Remaja serta bertutur kitab suci telah dilaksanakan di Kota Ambon pada tanggal 13-14 Oktober 2023.

“Artinya Tim yang berangkat ke Jakarta merupakan yang terbaik (best of the best) dapat meraih hasil terbaik,” jelasnya.(S-25)