AMBON, Siwalimanews – Penjabat Gubernur Maluku Sadli Ie dipastikan akan melantik tiga pejabat sementara bupati malam ini.

Ada tiga kepala daerah dan wakil kepala daerah aktif yang akan maju dalam pilkada serentak 27 November mendatang. Ketiga kabupaten tersebut masing-masing, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Buru Selatan dan Kabupaten Maluku Barat Daya.

“Sesuai aturan sebelum masa kampanye kepala daerah yang aktif harus cuti, maka ketiga kepala daerah ini sudah ajukan cuti, sehingga kita harus tunjuk Pjs Bupati,” ungkap Pj Gubernur Maluku Sadli Ie kepada wartawan di Tribun Lapangan Merdeka, Ambon, Selasa (24/9).

Untuk Kabupaten Seram Bagian Timur telah ditunjuk Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Maluku Djalaludin Salampessy untuk mengisi jabatan Pjs Bupati SBT.

Selanjutnya untuk Kabupaten Maluku Barat Daya Pjs Bupatinya akan dijabat oleh Kapala Dinas Komunikasi dan Informatika Maluku Melky Lohy dan Kabupaten Buru Selatan Pjs Bupatinya Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Husein.

Baca Juga: Tim Hukum MI Polisikan Abdullah Vanath

“Tiga nama dari Pemprov Maluku ini telah disetujui Mendagri untuk memimpin sementara tiga kabupaten tersebut hingga pelaksanaan kampanye selesai,” tegas Sadli.

Sadli menegaskan, penunjukan Pjs Bupati ini, bertujuan untuk menjaga netralitas selama tahapan kampanye, sehingga roda pemerintahan tidak terganggu dan dapat berjalan dengan lancar.

“Malam ini ketiganya akan dilantik jadi Pjs bupati di ketiga daerah tersebut,” tandas Sadli.(S-20)