AMBON, Siwalimanews – Siswa SMA dan SMK yang akan berkuliah Jurusan Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Pattimura bakan mendapatkan beasiswa.

Faktor ekonomi kadang menjadi kendala bagi siswa kurang mampu untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi padahal memiliki kemampuan.

Wakil Rektor Bidang Akademik F Lei­wakabessy dalan sambutan mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh prodi Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpatti tersebut.

“Maluku menjadi salah satu provinsi dengan tingkat kemiskinan tinggi. Banyak anak-anak yang terkendala melanjutkan pendidikan karena masalah ekonomi,” terang Leiwaka­bessy ketika membuka kegiatan SWC, di Aula Rektorat Unpatti, Senin (20/11).

Untuk itu dia berharap melalui kegiatan ini ada peluang bagi siswa SMA dan SMK memperoleh bea­siswa.

Baca Juga: 561 Mahasiswa STIKes Husada Diwisudakan

Pemerintah lanjutnya juga mem­berikan ruang dan memfasilitasi anak-anak berprestasi namun memiliki kendala ekonomi.

“Kegiatan hari ini akan mem­berikan berbagai masukan terkait kesediaan pembiayaan oleh peme­rintah,” ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Yoisye Lopulalan mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membangun karakter siswa SMA dan SMK serta MA yang berorien­tasi pada potensi sumber daya alam yang ada di Maluku.

“Maluku dengan potensi sumber daya perikanan dan kelautan yang melimpah harus didukung dengan sumber daya manusia yang unggul di bidang perikanan dan kelautan, sehingga mampu mengelola potensi itu,” ujarnya.

Dan untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkompeten itu, maka pendidikan memegang peran yang sangat penting.

“Kendala ekonomi menjadi salah satu penghalang untuk mereka bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Melalui kegiatan ini, mereka diharapkan mampu melihat peluang itu,” harapnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini menghadirkan sejumlah narasumber salah satunya Kepala Pusat La­yanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbud Ristek Abdul Kahar.(S-25)