AMBON, Siwalimanews – Dua mahasiswa  pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi PGSD Universitas Pattimura berhasil meraih juara 1 lomba esay tingkat nasional Cogito National Competition 5.0 yang diselenggarakan Badan Otonom Cogito Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya.

Kedua mahasiswa itu adalah, Ali Umar Teheitu dan Abu Sale Salekota. Mereka berhasil meraih juara 1 setelah mempertahankan argumentasi esay yang berjudul Penerapan Pendidikan Karakter Bagi Anak Jalan di Ambon melalui Ambon Education Park.

Lomba yang berlangsung dengan tema Inovasi dan Kreativitas Generasi Z Menghadapi Era VUCA ini dilaksanakan untuk meningkatkan jiwa kompetisi serta kreativitas mahasiswa dalam menemukan solusi terhadap permasalahan di era VUCA.

Dimana melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat mengemukakan solusi, strategi dan gagasan baru yang cerdas untuk menghadapi kompleksitas dan ketidakpastian zaman.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pattimura, Dr Nur Aida Kubangun saat menerima kedua delegasi tersebut di aruang kerjanya, Jumat (13/9) mengapresiasi atas keberhasilan kedua mahasiswa ini.

Baca Juga: BPH Migas Diingatkan tak Kurangi Kuota BBM Maluku

Ia mengaku, bangga atas kemenangan yang diraih oleh kedua mahasiswa FKIP Unpatti itu. Program studi PGSD memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pendidikan, khususnya pendidikan non formal yang mengedapankan karakter.

“Tidak semua mahasiswa dengan segala keterbatasan, dapat mengabdikan diri untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi orang lain. Para mahasiswa dengan sukarela mau mengajar dan mendidik anak-anak jalanan itu luar biasa,” tuturnya.

Atas keberhasilan itu, Universitas Pattimura memberikan apresiasi dan penghargaan kepada kedua mahasiswa ini, dengan membebaskan uang kuliah tunggal (UKT) sebagai motivasi untuk melakukan berbagai kegiatan-kegiatan positif lainnya.

“Kami berharap, ini menjadi motivasi agar mahasiswa/i Unpatti lainnya juga bisa memacu diri melakukan karya-karya yang dapat mengukir prestasi,” harapnya.(S-25)