AMBON, Siwalimanews – Puluhan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Maluku mendapat pelajaran berharga dari Lantamal IX Ambon tentang bagaimana  cara menangani korban kecelakaan laut.

Selain mendapatkan materi, 57 mahasiswa pun dibarikan praktek cara menyelamatkan para korban yang mengalami kecelakaan di laut. Praktek ini berlangsung Sabtu (26/11) di Dermaga Beaching Markas Komando Lantamal IX Ambon.

Danlantamal Brigjan (Mar) Said Latuconsina turun langsung memberikan arahan kepada mahasiswa sekaligus memberikan mereka kesempatan untuk melakukan praktek langsung di lapangan tentang bagaimana cara menangani sewaktu-waktu terjadi kecelakaan di laut yang menimbulkan terjadinya korban.

Tim evakuasi medis laut Lantamal IX Ambon dengan tujuan menyiapkan mahasiswa lebih tanggap dalam menyiapkan diri menghadapi korban Kecelakaan laut dan melakukan pertolongan evakuasi medis laut.

“Pelatihan di mulai dari evakuasi korban ke tandu air, membawa ke perahu karet, melakukan resusitasi pijat jantung dan selanjutnya melakukan penanganan di hiperbarik,” kata Danlantamal IX Ambon dalam rilis yang diterima Siwalima kemarin

Baca Juga: Kadinkes akan Dipanggil Terkait Ancaman Dokter Spesialis

Untuk diketahui kegiatan ini para mahasiswa juga didampingi oleh tim dosen bersama salah satu Instruktur dan juga merangkap tugas sebagai staf personel Lantamal IX Ambon yang juga merupakan dosen aktif mengajar mata kuliah Kesehatan, Kapten Laut (K) Agus Wijaya turut ikut berinteraksi secara langsung dengan para mahasiswa.(S-09)