AMBON, Siwalimanews – Yoisye Lopulalan terpilih sebagai Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpatti periode 2021-2025

Lopulalan terpilih mengantikan almarhum Abraham Samuel Khouw dalam pemilihan

dekan yang berlangsung  dalam rapat senat, Jumat(19/3).

Pemilihan yang dimulai pukul 09.00 WIT dibuka oleh Ketua Senat Fakultas Perikanan, Jusuf Leiwakabessy dan Sekretaris Senat Julius Masrikat Lopulalan memperoleh 12 suara, mengungguli suara dari calon dekan lainnya, dari total 22 suara anggota senat.

Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Dekan Fakultas Perikanan A W Soumokil menjelaskan, panitia bekerja berdasarkan SK Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan  Nomor : 32/UN13.1.7/SK/2021. Untuk itu panitia telah bekerja untuk mempersiapkan seluruh proses pelaksanaan pemilihan dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam Peraturan Senat Universitas Pattimura Nomor 1 Tahun 2020.

Baca Juga: PSDKP Turun Awasi Sejumlah UPI

Dari pendaftaran bakal calon, penerimaan berkas, verifikasi berkas sampai penetapan bakal calon menjadi calon dilakukan dalam rapat senat pada Senin (15/3) 2021.

“Dimana sampai saat batas waktu yang ditetapkan sesuai aturan, hanya ada dua bakal calon yang mendaftar dan diverifikasi yakni, Debby Selanno dan Yoisye Lopulalan,” ungkap Soumokil dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Jumat (19/3).

Sementara itu dekan terplih Yoisye  Lopulalan mengatakan, sesuai visi yang diusungnya yaitu Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Berinovasi dan Menginspitasi, dapat diwujudkan dalam misi dalam tujuan serta program yang akan digagas bersama di fakultas.

Ini yang pertama dilakukan agar supaya Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpatti semakin maju kedepan.

“Saya ucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena diberikan kesempatan oleh senat dalam pemelihan sebagai Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Periode 2021-2025,” ucapnya.

Dikatakan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpatti akan dikembangkan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, unggul dengan prinsip-prinsip Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.

Selain itu, ia juga akan membenahi laboratorium yang merupakan jantung bagi proses pembelajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, tata kelola perlu juga dibenahi, baik keuangan maupun administrasi, agar menunjang semua proses akademik yang berlangsung di fakultas ini.

“Sementara untuk kegiatan kemahasiswaan, pola pembinaan yang berorientasi pada prestasi dan kewirausahaan akan dikembangkan. Selain itu jejaring dengan alumni yang mampu mengembangkan fakultas ini menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Untuk diketahui hadir dalam pemilihan dekan, seluruh anggota Senat Fakultas Perikanan, Wakil Rektor Bidang Akademik, Fredy Leiwakabessy serta para pejabat fungsional ahli Madya dan ahli Muda di Fakultas Perikanan, serta disaksikan oleh ratusan mahasiswa Fakultas Perikanan. (S-51)