AMBON, Siwalimanews – Curah hujan tinggi yang terjadi di Kota Ambon dan sekitarannya pada pekan terakhir menyebabkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor terjadi di sejumlah titik.

Salah satu titik terjadi di RT.001/RW.01 Kecamatan Sirimau, Kota Ambon dimana terjadi longsor yang nyaris menimpa 1 unit rumah.

Informasi yang dihimpun Siwalimanews di lokasi kejadian, Senin (10/6) pagi, bencana longsor di kawasan tersebut sudah terjadi beberapa kali hingga puncaknya pada Minggu (9/6) malam.

Terdapat dua rumah warga yang terancam dalam bencana tersebut, yakni rumah milik keluarga Akihari yang berada bagian atas dan rumah milik keluarga Pattikawa yang berada dibagian bawah.

Brian Lesilolo, salah satu penghuni rumah keluarga Akihari yang dikonfirmasi Siwalimanews di TKP Senin (10/6) menjelaskan, longsor tersebut terjadi malam hari saat seisi rumah tengah beristirahat.

Baca Juga: HMI Desak Pemkab dan DPRD Tolak Program Tapera

“Kejadiannya malam, dan pagi ini baru kita bersih-bersih material longsornya,” ujar Brian.

Terlihat material longsor mengenai tembok samping rumah milik keluarga Pattikawa, sedangkan rumah keluarga Akihari nyaris tergantung.

Dia berharap ada perhatian dari pemerintah daerah berupa bantuan terpal untuk mencegah adanya longsor susulan yang dapat berdampak lebih besar.

“Sekarang kan masih hujan jadi tidak mungkin kita minta agar di bangun talud, ya kalau memang ada bantuan kita butuh terpal untuk pencegahan agar tidak terjadi longsor susulan,”pintanya.

Untuk membersihkan material longsor warga sekitar bergotong royong mengangkut tanah dengan peralatan seadanya. Sampai berita ini diterbitkan proses pembersihan masih dilakukan dengan menggunakan karung.(S-10)