Hewan Ternak di Kabupaten Maluku Barat Daya harus dikelolah secara baik, mengingat hewan ternak ini merupakan salah satu potensi besar di Kabupaten Maluku Barat Daya.

“Sebenarnya kita harus bersyukur kita punya kerbau dan ternak-ternak yang banyak. Dan ini potensi besar kita, namun tata kelolahnya yang memang harus dilakukan dengan baik,” ujar Pejabat Sementara Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya, Melky Lohy, kepada awak media, di ruang kerjanya, Rabu (8/10).

Lohy mengatakan, dirinya akan meminta kepada dinas terkait karena sesuai informasi dimana terjadi kecelakaan di jalan, akibat tabarakan motor dengan ternak.

“Atensi ini akan saya (beta-Red) minta ke Dinas terkait, karena kecelakan kecelakan yang saya dapati informasi banyak juga akibat tabrakan-tabrakan motor dengan ternak. Juga kotoran-kotoran yang berhamburan,” katanya.

Olehnya itu, pemkab harus sosialisasi, memberikan edukasi serta pencerahan lewat Camat, Lurah dan Kepala Desa sehingga mereka bisa memberikan edukasi kepada masyarakat pemilik ternak.

Baca Juga: Pemkab Apresiasi Deklarasi Damai Bawaslu Malteng

“Mari katong cintailah kabupaten ini. sebagai anak daerah katong akan malu, kalau contoh tamu-tamu datang lalu melihat kotoran ada di mana-mana-mana. Ini juga sesuatu yang memang perlu harus ada langkah-langkah edukasi yang kita lakukan,” pungkasnya. (S-28)