TIAKUR, Siwalimanews – Pejabat sementara Bupati Maluku Barat Daya melky lohy menyebut kalau dirinya mendapatkan banyak laporan terkait kecelakaan akibat menabrak ternak.

Ternak-ternak warga di Kota Tiakur dibiarkan berkeliaran dan tidur di badan jalan sehingga sering terjadi kecelakaan lalu lintas khususnya pengendara roda dua.

“Atensi ini akan saya (beta-Red) minta ke dinas terkait, karena kecelakan kecelakan yang saya dapati informasi banyak juga akibat tabrakan-tabrakan motor dengan ternak. Juga kotoran-kotoran yang berhamburan,” ujar lohy kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (9/10).

Ia mengaku masyarakat harus bersyukur karena memiliki banyak ternak untuk dipelihara.

“Ini potensi besar kita, namun tata kelolanya yang memang harus dilakukan dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga: Pemkab Akui Sering Terjadi Kelangkaan BBM di MBD

Ia berjanji akan melakukan sosialisasi dan memberikan edukasi serta pencerahan lewat camat, lurah dan kades sehingga bisa memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya pemilik ternak.

“Mari katong cintailah Kabupaten ini. Sebagai anak daerah katong (kita) akan malu, kalau contoh tamu-tamu datang lalu melihat kotoran ada di mana-mana-mana. Ini juga sesuatu yang memang perlu harus ada langkah-langkah edukasi yang kita lakukan,” ujarnya.(S-28)