AMBON, Siwalimanews – KPU Maluku mematikan, seluruh logistik surat suara pilkada, telah tiba di lima kabupaten/kota.

Ketua KPU Maluku M Shaddek Fuad kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Senin (21/10) mengungkapkan, pasca tiba di Ambon pada pekan lalu, logistik surat suara telah ditampung dalam gudang logistik yang berada Unpatti.

Untuk proses distribusi, selesai dilakukan dan dipastikan telah tiba di 11 kabupaten/kota, yakni, Kota Ambon, Maluku Tengah, Buru, Buru Selatan dan Seram Bagian Barat.

“Belum semua tiba di kabupaten/kota masing-masing. Yang sudah tiba baru di Ambon, Malteng, Buru, Bursel dan SBB,” jelasnya.

Sementara untuk enam kabupaten/kota lainnya kata Fuad yakni, Kabupaten SBT, Aru, Malra, Kota Tual dan Kabupaten Tanimbar serta Kabupaten MBD masih menunggu sebab logistiknya dalam perjalanan.

Baca Juga: Toisuta Yakin Paslon BETA Menang Pilkada Kota

“Yang lain masih dalam perjalanan dan ada yang masih menunggu jadwal kapal,” ungkap Fuad.

Fuad memastikan, proses distribusi logistik surat suara ke 11 kabupaten/kota dikawal ketat personel aparat kepolisian dan Bawaslu.

Terkait dengan penyortiran dan pelipatan surat suara Fuad mengaku, belum dapat dilakukan, mengingat jajaran KPU harus mengikuti rapat koordinasi bersama.

“Pelipatan dan penyortiran belum dilakukan, sebab hari ini masih ada rakor pengelolaan logistik, sekembali dari sini KPU malakukan persiapan teknis sortir- lipat,” urai Fuad.(S-20)