AMBON, Siwalimanews – Liga Santri PSSI tahun 2022 yang memperebutkan Piala Kasad, resmi bergulir di Provinsi Maluku dan Maluku Utara setelah resmi dibuka oleh Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon, di Stadion Mandala Remaja Karang Panjang Ambon, Senin (20/6).

Sebanyak 10 tim santri di Provinsi Maluku akan berlaga di Stadion Mandala Remaja Ambon, sementara di Provinsi Maluku Utara akan diikuti oleh 9 tim santri.

“Untuk wilayah Maluku dan Maluku Utara akan ada 19 Tim Santri yang bertanding, dimana untuk Maluku 10 tim dan Malut 9 tim, kegiatan hari ini merupakan kegiatan serentak di seluruh Indonesia yang dibuka oleh Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman,” ungkap Pangdam XVI Pattimura dalam keterangan persnya di Stadion Mandala Remaja Karang Panjang usai melakukan kick off pembukaan liga santri di wilayah Maluku Malut.

Menurutnya, 19 Tim yang akang bertanding akan kembali diseleksi untuk kemudian mewakili Maluku dan Malut dalam kompetisi tingkat lanjut yang akan  berlangsung di stadion Gelora Bung Karno Jakarta pada 22 Oktober, tepat pada puncak peringatan hari Santri.

“Ini baru seleksi, kita bentuk 1 tim terbaik untuk bertanding di senayan nanti pada 22 Oktober, dengan harapan Tim Santri dari Maluku dan Malut dapat memberikan hasil terbaik,” ucapnya.

Baca Juga: Penetapan Calon Raja Urimessing Tersandung Masalah Mata Rumah Parentah

Pangdam mengaku, ajang sepak bola ini harus diposisikan sebagai peluang mengeluarkan bakat sepak bola terbaik dari Maluku maupun Maluku Utara. Sehingga dari ajang ini lahir atlit-atlit terbaik yang dapat mengharumkan nama bangsa di kanca nasional maupun internasional.

“Diharapkan dari piala santri ini dapat menghasilkan atlet sepak bola yang dapat berbicara ditingkat nasional hingga internasional, Pak Kasad juga berpesan untuk para pemain sadari kompetisi ini sebagai wahana uji tanding, untuk itu pertandingan harus semangat dan junjung tinggi sportifitas. Hindari prilaku emosional agar diketahui kemampuan sebenarnya,” Pesan Pangdam. (S-10)