AMBON, Siwalimanews – Calon Gubernur Maluku Hendrik Lewerissa berjanji akan memperhatikan kesejahteraan buruh jika terpilih menjadi pemimpin Maluku lima tahun ke depan.

Janji ini diungkapkan Lewerissa saat melakukan tatap muka dengan ratusan tenaga buruh pelabuhan yang berlangsung di Kafe Reno, Selasa (8/10).

Lewerissa menjelaskan, salah satu indikator menentukan suatu daerah mengalami kemajuan atau kemunduran adalah kesejahteraan buruh.

Sepanjang kaum buruh belum mendapatkan perhatian dan kesejahteraan maka sampai kapanpun daerah ini tidak akan maju.

“Orang tidak bisa bilang daerah maju kalau buruh masih menderita dengan upah yang selalu dipermainkan,” jelas Lewerissa.

Baca Juga: Bertemu Lewerissa, Warga Kusu-Kusu Keluhkan Masalah Jalan dan Air Bersih

Ke depan membutuhkan pemimpin yang mampu menaruh perhatian terhadap upaya buruh yang sampai saat ini masih jauh dari kesejahteraan.

Fatalnya lagi persoalan upah jasa bongkar muat kapal di pelabuhan masih dipermainkan oleh oknum-oknum tertentu yang mestinya tidak boleh terjadi.

“Banyak sekalian kelurahan yang saya terima terkait dengan kesejahteraan buruh. Bayangkan saja upah jasa bongkar kapal masuk dan keluar tidak sama, ini miris. Pemerintah daerah harus bekerjasama dengan semua pihak terkait agar upah bongkar kapal masuk dan keluar harus sama,” ucap Lewerissa.

Lewerissa menegaskan jika nanti dirinya bersama wakil diberikan kepercayaan untuk menjadi pemimpin Maluku maka kesejahteraan buruh akan menjadi prioritas untuk diselesaikan.

Pasalnya, jika kesejahteraan buruh tidak diperhatikan maka akan berdampak terhadap persoalan lain seperti investasi dan tingkat kemiskinan di Maluku. (S-20)