AMBON, Siwalimanews – Sejumlah lembaga peradilan di Maluku mengelar upacara HUT Mahkamah Agung ke-79 yang dipusatkan di Pengadilan Tinggi Ambon, Airsalobar, Senin (19/8).

Upacara yang berlangsung pukul 08.00 WIT dipimpin Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Ambon, Puji Harian sebagai Inspektur Upacara.

Puji Harian usai upacara kepada Siwalima, Senin (19/8) mengatakan, di HUT ke-79 Mahkamah Agung telah dikumandangkan untuk seluruh peradilan dapat mewujudkan misi MA dengan berbagai inovasi.

Selain itu kata puji, pihaknya secara terus menerus berinovasi untuk mempermudah masyarakat pencari keadilan dimulai dari aplikasi “Siap” yang akan sangat membantu masyarakat.

“Dalam sambutan Ketua MA RI, semua kegiatan pelaksanaan insan peradilan untuk mewujudkan visi yakni, terwujudnya peradilan Indonesia yang agung.

Baca Juga: Tanpa Guru, Kuota CPNS SBT Khusus Nakes & Teknis

Selain itu juga melaksanakan misi MA yakni pengadilan dan jajaran menjaga kemerdekaan badan peradilan, memberikan pelayan hukum yang berkeadilan bagi masyarakat pencari keadilan,”ungkap puji

Di Pengadilan Tinggi sendiri, lanjut Puji, telah ada layanan pengaduan berbasis digital, segala urusan di peradilan sudah bisa dilakukan secara digital.

Dikatakan, aplikasi “SIAP” MA sekarang terintegrasi dengan SIPP, selain aplikasi siap ada juga aplikasi diktum berdasarkan Perma no 6 Tahun 2022 juga sudah bisa digital. ini juga mempermudah masyarakat.

“Misalnya perkara banding sekarang bisa dari rumah tanpa harus ke kantor Pengadilan Tinggi. Ini juga bagian dalam rangka membatasi terjadi pertemuan pihak luar dan di dalam PT sendiri itulah upaya yang tengah dilakukan se­kaligus menghindari upaya suap, pungli dan lainya,” sebutnya.

Puji menambahkan, istilah 4 M yang dimaksudkannya dengan pelayan prima yaitu, mudah akses, mudah proses, mudah biaya, murah dan terjangkau serta mudah hasilnya. (S-26)