AMBON, Siwalimanews – Malam ini dipastikan Bawaslu Maluku akan melaunching pengawasan pilkada serentak. Launching yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Ambon ini, bakal menghadirkan grup band legendaris Gigi.

Ketua Bawaslu Maluku Subair menjelaskan, tagline pengawasan pilkada serentak tahun ini yakni Baku Kele Awasi Pilkada Serentak 2024.

“Baku kele dalam bahasa Maluku diartikan berganden tangan kolaborasi, bergotong royong, artinya untuk mensukseskan pilkada, maka sangat diperlukan kolaborasi dan dukungan semua elemen masyarakat,” ujar Subair kepada wartawan dalam keterangan persnya di salah satu hotel di Kota Ambon, Selasa (23/7).

Bawaslu Maluku kata Subair, ingin memastikan pilkada serentak berjalan dengan baik, damai dan berintegritas, sehingga membutuhkan dukungan semua pihak, baik penyelenggara, pemerintah dan masyarakat.

Launching pengawasan pilkada yang digelar ini, bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat, bahwa saat ini tahapan pilkada telah berjalan, maka pengawasan partisipatif dari masyarakat sangat dibutuhkan.

Baca Juga: Karo Organisasi Pemprov Maluku Resmi Sandang Gelar Doktor

Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat tersebut, Bawaslu Maluku menghadirkan grup band legendaris Gigi sekaligus melakukan konser di Lapangan Merdeka.

“Kehadiran grup band Gigi ini diharapakan menjadi magnet elektoral untuk meningkatkan partisipasi bersama masyarakat,” harap Subair.

Subair mengimbau, kepada seluruh elemen masyarakat di Kota Ambon dan sekitarnya untuk dapat menghadiri launching pengawasan pilkada serta dapat menjaga keamanan selama kegiatan berlangsung.

Ditempat yang sama basis grup band Gigi Thomas Ramdhan, memberikan apresiasi kepada Bawaslu Maluku yang menjadikan Gigi sebagai bagian dari upaya mensukseskan pilkada di Maluku.

GIGI merupakan grup band yang selama ini tidak berpihak kepada partai politik maupun calon siapapun.

“Alasannya simpel kenapa kami hadir di Ambon, yah karena GIGI itu netral tidak berpihak kepada siapapun termasuk partai politik. Kita ingin pemimpin yang nantinya terpilih adalah mereka yang diinginkan oleh masyarakat,” jelas Thomas.

Thomas memastikan, dalam konser nantinya, mereka akan tampil selama satu jam dengan membawahkan 12 lagu.

“Lagu-lagu yang nanti kita bawakan itu bernuansa perdamaian dan kebersamaan dalam hidup seperti tagline pengawasan pilkada Maluku Baku Kele Awasi Pilkada Serentak 2024,” ucapnya.(S-20)