AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka turut mengamankan Pilkada serentak November nanti, TNI Angkatan Laut gelar apel pasukan yang berlangsung di Lapangan Apel Mako Lantamal IX, Halong, Senin  (2/9)

Dalam gelar pasukan juga dilakukan demonstrasi penanggulangan huru hara sebagai gambaran tindakan preventif personel TNI dalam latihan penindakan massal penyelamatan serta latihan penyelamatan korban.

Asintel Danlantamal IX, Letkol Laut (KH) Jeffri Irwandi yang memimpin apel mengatakan kegiatan dilakukan setelah menerima perintah dan koordinasi perbantuan apabila terjadi perkembangan situasi atau meningkatnya eskalasi dilapangan, membekukan masyarakat yang berubah anarkis, akibat adanya hasutan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dia juga menjelaskan, dalam pengamanan Pilkada nanti, TNI akan berkolaborasi dengan Polri.

Untuk itu dirinya berpesan, agar anggota TNI AL khususnya, jangan mudah terprovokasi dan diadu domba antara TNI dengan Polri maupun komponen masyarakat lainnya.

Baca Juga: Karantina Gagalkan Penyelundupan Ribuan Bibit Pala

“TNI dan Polri harus selalu menjaga kekompakan, sinergitas dan soliditas dalam melaksanakan pengamanan Pilkada 2024, karena TNI dan Polri menjadi ujung tombak yang terdepan dalam menjaga keamanan dan stabilitas sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai,” ujarnya.

Dia menambahkan, akan dilakukan pengecekan kesiapan personel dan alat perlengkapan pasukan PHH dalam rangka menghadapi pengamanan Pilkada 2024.

“Pengecekan kesiapan pasu­-kan PHH ini bertujuan untuk me­-ngecek dan meyakinkan kesia­pan seluruh prajurit Lantamal IX Ambon beserta kendaraan dan alat pengamanan yang digunakan dalam pengamanan Pilkada,” tandasnya. (S-25)