AMBON, Siwalimanews – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, menetapkan lima pasangan calon pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024 kabupaten setempat.

Kelima pasangan calon tersebut  yakni Pasangan Calon atas nama Adolof Bormasa, dan Hendrikus Serin, Pasangan Calon atas nama Julianus Aboyaman Uwuratuw,  dan Polikarpus Lalamafu, Pasangan Calon atas nama Melkianus Sair­dekut. dan Kelvin Keliduan, Pasa­ngan Calon atas nama Piterson Rang­koratat, dan Hendrikus Jauhari Orat­mangun, serta Ricky Jauwerissa dan Juliana Chatarina Ratuanak.

“Berdasarkan Berita Acara Nomor: 439/ PL. 02.3- BA/8103/2024 Tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Tanimbar Tahun 2024. Dan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Tanim­bar Nomor: 440 Tahun 2024 Tentang Penetapan Pasangan Calon Kepala Daerah Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Tanimbar Tahun 2024.

Penetapan ini setelah kami telah mengadakan rapat pleno tertutup untuk menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar untuk Pilkada 27 November 2024,” ungkap Ketua KPU Tanimbar, Christian Matruty Kepada Siwalima di Saumlaki, Minggu (22/9).

Matruty menambahkan, berkas kelima bakal pasangan calon telah diterima dan dinyatakan memenuhi syarat sebagai peserta Pilkada 2024, termasuk pemeriksaan kesehatan atau medical check up (MCU) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. M Haulussy Ambon beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Minta Restu, Kedatangan Ely Toisuta Disambut Raja Hutumuri

“Setelah diteliti dan dibahas bersama, kelima pasangan calon ini kami nyatakan telah memenuhi sya­rat syarat sebagaimana peraturan yang berlaku,” tambahnya.

Setelah pengumuman penetapan pasangan calon pada Pilkada 2024, pada hari Senin (23/9) kata Matruty, akan dilakukan pengambilan nomor urut peserta Pilkada Kabupaten Ke­pulauan Tanimbar 2024 yang akan berlangsung di kantor KPU.

“Besok dilakukan pengundian nomor urut, dilanjutkan dengan deklarasi damai setelah pengundian nomor urut. Untuk kampanye damai sendiri kita sedang berkoordinasi untuk tempatnya. Kami juga tengah mempersiapkan jadwal Kampanye Paslon,” ujarnya.

Untuk diketahui, berikut daftar kelima calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten kepulauan Tanimbar beserta partai pengusungnya.

Pasangan Calon DR Adolof Bormasa, dan Hendrikus Serin, dengan Jargon Bersih Bro diusung oleh gabungan Partai Politik. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura); Pasangan Calon dengan Jargon  JUARA yakni Julianus Aboyaman Uwuratuw, dan Polikarpus Lalamafu, yang diusung gabungan Partai Politik Golongan Karya (Golkar) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB);  Pasangan Calon Melkianus Sairdekut dan Kelvin Keliduan dengan jargon MK Manyala diusulkan oleh gabungan Partai Politik. Partai NasDem, Partai Amanat Nasional (PAN),  Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Buruh, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Bulan Bintang (PBB). Kemudian pasangan Calon Piterson Rangkoratat, dan Hendrikus Jauhari Oratmangun dengan Jargon Projo diusung oleh Gabungan Partai Politik, Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) dan Partai Demokrat serta Pasangan Calon atas nama Ricky Jauwerissa dan dr. Juliana Chatarina Ratuanak dengan Jargon BerSATU diusung Gabungan Partai Politik, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). (S-26)