AMBON, Siwalimanews – Komisi Pemilihan Umum Maluku, memastikan awal Oktober mendatang pengadaan logistik pilkada tahap pertama akan selesai.

Pasalnya, saat ini proses pengadaan logistik pilkada tahap pertama telah dilakukan KPU Maluku bersama pihak ketiga. KPU Maluku menggandeng salah satu perusahaan di Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat untuk pengadaan logistik pilkada di luar surat suara.

“Pengadaan logistik pilkada khusus untuk Gubernur dan Wakil Gubernur sedang berlangsung di Bekasi,” ungkap Ketua KPU Maluku M Shaddek Fuad kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Rabu (18/9).

Untuk tahap pertama kata Fuad, logistik yang disiapkan menyangkut tinta, bilik coblos, bantal coblos, paku coblos dan kotak suara.

Sedangkan untuk surat suara akan dilakukan pengadaan pada tahapan kedua, setelah penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada 22 September mendatang.

Baca Juga: Polisi Kerahkan 251 Personel Amankan Pelantikan Anggota DPRD Maluku

“Target awal bulan Oktober tanggal 4 nanti seluruh logistik pilkada tahap pertama tuntas dan sudah tiba ditempat,” jelas Fuad.

Setalah tiba kata Fuad, seluruh logistik tahapan pertama akan distribusi ke kabupaten/kota sementara untuk surat suara pendistribusian akan dilakukan setelah pengadaan selesai dilakukan.

Fuad berharap, KPU kabupaten/kota segera menyiapkan tempat logistik yang representative, sehingga saat logistik pilkada tiba dapat ditampung pada gudang yang tersedia.(S-20)