NAMLEA, Siwalimanews – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Buru menetapkan Daftar Pemilih Sementara di kabupaten itu sebanyak 95.420 pemilih.

DPS untuk Pilkada serentak baik pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku serta Bupati dan Wakil Bupati Buru tahun 2024 itu, ditetapkan dalam rapat pleno terbuka, Minggu (11/8).

Ketua KPU Buru Walid Aziz yang memimpin jalannya rapat pleno menjelaskan,  sesuai data berita acara total jumlah pemilih sebanyak 95.420, jumlah itu terdiri dari, Kecamatan Namlea 24.507 pemilih, Kecamatan Waiapo 9.125 pemilih, Kecamatan Lolong Guba 9.643 pemilih, Kecamatan Wailata 10.654 pemilih, Kecamatan Teluk Kaiely 2.976 pemilih, Kecamatan Batabual 6.174 pemilih, Kecamatan Lilialy 7.634 pemilih, Kecamatan Waplau 8.869 pemilih dan Kecamatan Fenaleisela 7.872 pemilh serta Kecamatan Airbuaya 7.966 pemilih.

DPS hasil perbaikan atau DPSHP adalah, salah satu tahapan yang harus dilaksanakan sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap atau DPT.

“Saat ini masih ada kesempatan kepada masyarakat memberikan masukan serta ikut berpartisipasi dalam melakukan perbaikan terhadap daftar pemilih untuk pilkada tahun 2024,” jelasnya.

Baca Juga: Diduga Lakukan Perbuatan tak Menyenangkan, Kapus Hative Kecil Disomasi

Proses pemutakhiran data pemilih kata Walid, basisnya adalah DPT terakhir dan DP4 (Daftar Potensial Penduduk Pemilih Pemilu). Pemutakhiran data pemilih menggunakan aplikasi sejak Pemilu 2014 lalu hingga saat ini.

Keberadaan sistim terintegrasi menjadi penting untuk mendeteksi pemilih tidak tercatat ganda.

“DPS ini akan berlanjut ke perbaikan daftar pemilih sampai pada pemunguman PPS, setelah itu akan diperbaiki dan dilanjutkan sampai ke DPT,” tutur Walid.

Walid juga mengingatkan kepada seluruh pihak, untuk tetap mengawasi  dan memantau ketat pelaksanaan pilkada serentak tahun ini.

“Kita harus memastikan, bahwa pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku serta Bupati dan Wakil Bupati Buru berjalan secara demokratis, jujur, adil dan terbuka. Kita juga harus berperan aktif dalam mengawasi setiap tahapan pilkada,’ tegas Walid.(S-15)