AMBON, Siwalimanews – Menindaklanjuti penyampaian aspirasi yang dilakukan Komisi III DPRD Provinsi Maluku terkait dengan bencana yang terjadi di Maluku beberapa waktu lalu, maka Komisi V DPR RI akan mengunjungi Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Barat.

Rencana kunjungan DPR RI ini disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPRD Maluku, Francois Orno kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Selasa (11/10).

Dalam pertemuan tersebut kata Orno, telah didorong agar Komisi V DPR RI dapat membantu Maluku dalam hal penanganan dampak bencana, melalui dana siap pakai (DSP) dari Kementerian dan lembaga tekait.

Sebagai tindaklanjuti, Komisi V DPR RI akan berkunjung ke Maluku, guna melihat secara langsung berbagai hal yang telah disampaikan dalam pertemuan, baik itu infrastruktur terdampak bencana maupun berbagai hal lainnya.

“Yang pasti dalam waktu dekat Komisi V DPR sudah berkunjung ke Maluku, hal ini telah disampaikan dalam pertemuan nanti,” ujar Orno.

Baca Juga: Usai Verifikasi, DPRD Panggil Direktur RSUD Haulussy

Hal serupa juga diungkapkan Sekretaris Komisi III DPRD Maluku, Saoda Tethol, dimana ada dua daerah yang ditetapkan sebagai sampling kunjungan Komisi V DPR RI, yaitu Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Kabupaten Maluku Tengah.

“Maluku Tengah, dan SBB kita jadikan sampling karena terjangkau dan lebih banyak terdampak bencana alam,” tuturnya.

Saoda berharap, dari kunjungan Komisi V DPR RI ke Maluku, aspirasi yang disampaikan dapat langsung ditindaklanjuti ke kementerian terkait.

“Kami optimis aspirasi kita diperjuangkan, karena ada politik anggaran lewat Komisi V,  karena mereka punya hak budgeting yang perlu ada intervensi politik dalam perjuangan ini,” cetus Saodah. (S-20)