DOBO, Siwalimanews – Kapal Motor Penumpang (KMP) Aru Maju 01 dan Aru Maju 02 resmi melakukan pelayaran perdana dengan tujuan Dobo-Benjina, Kamis (2/2).

Bupati Kabupaten kepulauan Aru, Johan Gonga disela-sela peresmian pengoperasian kapal ini mengaku kehadiran dua kapal ini membuka jalur perhubungan  sekaligus membuka konektivitas antar desa, kecamatan dan ibu kota kabupaten.

“Ini yang merupakan implementasi dari visi dan misi bupati dan wakil bupati Kepulauan Aru,” terang Johan.

Ia mengaku, ketika awal memimpin bumi Jargaria hanya ada 2 lintasan penyeberangan yang dilayani oleh 1 kapal ferry, yakni lintasan Tual-Dobo dan Dobo-Benjina.

Kemudian di tahun 2020, telah meningkat menjadi 7 lintasan dengan dioperasikan oleh 2 kapal dari ASDP dan PT. Dharma Dwipa Utama.

Baca Juga: Kejati Diminta Konsisten dan Jaga Integritas

“Kedua unit kapal ini saya harap dapat dioperasikan dengan baik, sehingga akan membantu akselerasi peningkatan layanan transportasi yang bermartabat di Bumi Mutiara Indah-Cendrawasih Lestari yang kita cintai bersama,” ungkapnya.

Dengan pelayaran perdana itu, bupati juga berharap armada ini dapat dioptimalkan untuk meningkatkan pelayanan di titik-titik lainnya.

Demi peningkatan pelayanan transportasi yang bermartabat dan pada gilirannya, akan membantu memberikan multiplier effect atau efek ganda bagi peningkatan ekonomi yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Selain itu bagi segenap masyarakat di Kecamatan Aru Tengah, ia juga saya menyampaikan selamat menikmati pelayaran dengan KMP Arumaju 01 maupun KMP Arumaju 02, yang akan melayari rute Dobo-Benjina sekali sehari.

“Kapal ini akan memiliki home base di Benjina. Semoga akan bermanfaat bagi kita semua,” harapnya.

Tak lupa juga ia sampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Dirjen Perhubungan Darat, Direktur TSDP Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, yang telah membantu memfasilitasi penyediaan 2 unit Bus Air bagi masyarakat di Aru.

Lanjutnya dengan adanya KMP Arumaju 01 dan Arumaju 02 ini, akan menjadi embrio bagi penyediaan armada yang bermartabat dimasa-masa yang akan datang.”Kepada saudara kadis Perhubungan beserta jajaran, ia berpersan agar menjaga dan memelihara keberlangsungan armada, sembari membuka ruang untuk menjajaki kerja sama operasi dengan pihak ketiga, demi peningkatan pelayanan angkutan transportasi.(S-11)