AMBON, Siwalimanews – Ketua umum Gerakan Ang­katan Muda Kristen Indonesia Maluku (GAMKI) Sahat Martin Philip Sinurat mene­gaskan, dalam menghadapi pilkada serentak 2024 ini, maka GAMKI harus mem­berikan pendidikan politik yang baik.

Disisi yang lain, DPD GAMKI Maluku harus terus mendorong perdamaian dan persaudaraan sehingga pil­kada dapat berjalan baik.

“GAMKI tidak mungkin paksakan memilih calon tertentu, tetapi GAMKI ha­rus memberikan pendidikan politik, yang bagi agar orang memilih harus melihat rekam jejak,” ungkap Ketum dalam sambutannya pada pelanti­kan pengurus DPD GAMKI Maluku masa jabatan 2024-2027.

Pelantikan yang berlang­sung  aula PGSD Unpatti, Sab­tu (21/9), Ketum mene­gaskan, pengurus DPD GA­M­KI Maluku yang baru di­lantik harus dapat melahirkan pemikiran yang tepat bagi pembangunan Provinsi Maluku.

DPP kata Ketum, telah memiliki tiga gerakan yang menjadi dasar yakni gerakan pemikiran, gerakan advokasi dan gerakan profesi yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga: Satlantas Polres MBD Gelar Berbagai Kegiatan

“Sebagus apapun pemikiran, kalau tidak ada advokasi nyata dan berkelanjutan dalam menciptakan profesi baru maka tidak ada man­faatnya. Jadi ini bagus menjadi per­hatian serius dari DPD GAMKI Maluku yang baru dilantik,” tegas­nya.

Kata Ketum, sebagai organisasi yang sah di Indonesia, GAMKI Maluku bersama organisasi pemuda lintas agama harus dapat merawat kemajuan yang selama ini terjaga di Maluku.

Ditempat yang sama, Ketua DPD GAMKI Maluku, Samuel Patra Ri­tiauw mengatakan GAMKI Maluku memiliki visi terwujudnya pemuda kristen berkarakter kristus yang berguna bagi masyarakat bangsa dan negara, untuk mewujudkan generasi emas Maluku tahun 2045.

GAMKI Maluku kata Ritiauw siap menjadi mitranya terdepan dengan bantu pemerintah daerah dalam menyelesaikan sejumlah persoalan yang selama ini terjadi di Maluku.

“Disis lain GAMKI Maluku akan selalu mengkritisi pemerintah jika tidak berpihak kepada kepentingan masyarakat,” tegasnya.

Terkait dengan pilkada serentak, Ritiauw memastikan GAMKI akan netral walaupun terdapat beberapa kader yang maju dalam kontestasi Pilkada baik provinsi maupun kabupaten.

Menurutnya, sebagai Ketua GAM­KI, dirinya tidak akan meng­arahkan kader untuk memilih calon tertentu tetapi dikembalikan kepada hati nurani masing-masing orang.

“GAMKI Maluku mohon duku­ngan dalam pengembangan program GAMKI dan kita siap mensukseskan pilkada serentak dengan memberi­kan pendidikan politik bagi masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Maluku Sadli Ie berharap GAMKI dapat membangun hubungan kemit­raan dengan organisasi kepemudaan lainnya guna memperkokoh persa­tuan dan kesatuan di Maluku..

Menghadapi pilkada serentak 27 November menurut Sadli, GAMKI harus mengambil peran untuk menangkal sejumlah isu yang dapat memecah persaudaraan di Maluku artinya beda pilihan itu biasa tetapi persatuan yang utama.

“Kami berharap adanya kontribusi pemikiran dan ide dari GAMKI guna membawa Maluku ke arah yang lebih baik, dengan membangun sinergi de­ngan elemen pemuda dalam bingkai hidup orang basudara,” ujarnya.

Untuk diketahui, pelantikan DPD GAMKI Maluku dilakukan berda­sarkan SK DPP GAMKI Nomor 120609/SU-GAMKI/INTERNAL/K/9/2024 Tentang Pengesaan Pengu­rus DPD  GAMKI Maluku Masa Bakti 2024-2027. (S-20)