AMBON, Siwalimanews –  Kementerian komunikasi dan informatika melakukan evaluasi implementasi program smart city bagi kabupaten kota di Indonesia termasuk Kota Ambon.

Kota Ambon dipilih oleh Kemen Kemenkominfo bersama kementerian/lembaga terkait, dalam gerakan menuju 100 Smart City, dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

Pelaksanaan Tugas Kadis Kominfo Kota Ambon, Ronald H Lekransy dalam rilisnya kepada Siwalimanews usai pelaksanaan evaluasi Smart City, di salah satu hotel di Denpasar, Bali, Selasa (26/6) menjelaskan dampak dari program ini bagi pengoptimalan pelayanan pelayanan kepada masyarakat.

“Sesuai petunjuk Penjabat Walikota Ambon, Dominggus Kaya, yang mengharapkan seluruh pimpinan OPD dan tim bisa secara serius mengikuti kegiatan dimaksud, karena ini berdampak besar bagi optimalisasi pelayanan publik di kota ini,” ujarnya.

Menindaklanjuti hasil evaluasi implementasi program gerakan menuju kota Cerdas  tahun 2023, menurutnya Kemenkominfo  bekerja sama dengan Kemendagri, Kementerian PUPR, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian PAN dan RB, melaksanakan evaluasi Implementasi program Smart City tahap I.

Baca Juga: AMMB Desak Kejagung Copot Kajati Maluku

Evaluasi implementasi ditujukan untuk menindaklanjuti progres hasil rekomendasi dari tim asesor kepada kepada 241 kota/kabupaten yang terpilih pada periode 2017-2023, termasuk Kota Ambon.

“Dalam arahan pembuka ole Perbanas, Harya Damar Widiputra, mengatakan bahwa evaluasi tahap I ini sifatnya mendengarkan secara langsung implementasi program Kota Ambon menuju kota cerdas, untuk selanjutnya berkenan mendapatkan pembobotan dari para asesor, sehingga daerah semakin siap dalam penilaian tahap selanjutnya,” terangnya.

Lanjutnya, tim asesor dalam evaluasi tahap 1 program menuju kota cerdas adalah, Supian Yuliana (Universitas Gajah  Mada), Tunjung Sulaksono (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta),  Agus Tri Cahyono (Ikatan Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota), Harya Damar Widiputra (Perbanas).

Dalam dialog yang di bangun juga memberikan apresiasi atas kerja keras dan kolaborasi yang luar biasa dari stakeholder dalam menyiapkan Kota Ambon menuju Kota cerdas dengan infrastruktur fisik, infrastruktur TIK dan infrastruktur sosialnya.

Kota Ambon dalam evaluasi ini, secara luring dihadiri oleh Pelaksana Tugas Kadis Kominfo Kota Ambon Ronald Lekransy, sekaligus mempresentasikan implementasi program menuju kota cerdas secara daring melibatkan para pimpinan OPD dan staf sekaligus sebagai Tim Pelaksana Smart City, dan Dewan smart city, Tim penyusunan Master Plan Smart City 2025-2029, Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM), dan direktur AMO Rony Loppies.

Dalam penutupan dialog dengan para asesor,Lekransy menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat, dan berharap Ambon semakin siap untuk masuk tahap penilaian selanjutnya.

“Semoga menghasilkan Indeks Smart City Kota Ambon, yang masuk dalam indikator arah pembangun transformasi digital dan arah kebijakan peningkatan Utilisasi dan pemanfaatan TIK pada sektor prioritas dalam RPJPD 2025-2045 Kota Ambon,” pungkasnya.(S-29)