AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Dominggus Kaya, diminta untuk meninggalkan jejak yang baik dalam pelaksanaan pemerintahan di Pemkot Ambon.

Jejak yang baik harus ditinggalkan, agar bisa menjadi role model bagi walikota terpilih hasil Pilwalkot Serentak 27 November nantinya.

“Pertama saya minta kepada saudara Pj walikota, bahwa sesuai dengan amanah dan tugas yang harus ia laksanakan, salah satunya berkaitan dengan pilkada serentak di kota ini, saudara penjabat harus menjadi role model bagi kepala daerah terpilih nantinya,” usul anggota DPRD Kota Ambon dari Fraksi PDIP Lucky Upulattu Nikijuluw kepada wartawan di Ambon, Selasa (13/8).

Nikijuluw juga berharap, menjelang pelaksanaan pilkada serentak, khusus untuk Pilwalkot Ambon, Pj walikota bisa menjadi role model dari segi pembangunan, tata kelola pemerintahan bagaimana ditengah pemerintahannya pelaksanaan pilkada khususnya di Kota Ambon bisa berjalan dengan baik.

“Menyukseskan pilkada termasuk menertibkan ASN dari praktek politik praktis, bahkan menjadi tim sukses dan berani mempublis calon-calon tertentu di media sosial, itu harus ditertibkan demi suksesnya pelaksanaan pilkada di kota ini. Apalagi, ada sanksi bagi ASN yang melakukan itu,” cetusnya.

Baca Juga: Golkar Maluku Ngotot Minta DPP Rekomendasikan RU

Selain itu, role model terkait pengelolaan APBD, khusus pada APBD Perubahan,  supaya semua pertanggungjawaban, semua pola tata kelola keuangan dapat  dilihat secara baik, agar kedepan Kota Ambon bisa keluar dari disclaimer.

“Terutama bagi OPD-OPD yang tidak  tertib dalam administrasi pertanggungjawaban keuangan, itu harus diperbaiki. Agar sistem tata kelola keuangan di kota ini menjadi lebih baik, dan kita bisa keluar dari disclaimer itu,” tandasnya.(S-25)