AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Dominggus Kaya berharap Amboina Fair 2024 menjadi ajang bagi generasi muda yang siap bersaing dan menciptakan jiwa kewirausahaan. “Pemuda adalah harapan bangsa. Melalui acara ini, tidak hanya menciptakan generasi yang siap bersaing, tetapi juga mampu membekali mereka dengan jiwa kewirausahaan yang tangguh di tengah perkembangan teknologi dan dinamika pasar yang cepat,” ujar Kaya dalam sambutan yang dibacakan Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Sekot Ambon Selly Kalahatu ketika membuka Amboina Fair di Pattimura Park, Jumat (11/10).

Ia mengatakan kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini bisa menjadi kunci  untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, terutama melalui sektor UMKM.

“Saya, mengajak seluruh peserta untuk mengambil manfaat positif dari setiap sesi dan kegiatan ini. Mari kita jadikan momen ini sebagai ajang berbagi ilmu, pengalaman dan berbagi jaringan yang dapat memperkuat posisi kita dalam menghadapi tantangan di masa depan,” pintanya.

Lebih lanjut dikatakan, dengan semangat kolaborasi antar pemuda, pemerintah, dan pelaku usaha, yakinlah dapat menciptakan solusi yang berdampak positif bagi masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Ketua AMGPM Daerah Kota Ambon, Ivana Tuhumena juga mengatakan,  kegiatan ini adalah salah satu kegiatan tahunan AMGPM daerah Kota Ambon yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengakomodir anak-anak muda yang terlibat dalam UMKM. Baik yang terlibat dalam bidang kuliner maupun fashion.

Baca Juga: Polda Maluku akan Menggelar Operasi Zebra

“Mengamati perkembangannya mulai dari Amboina Fair pertama pada 2021 hingga 2023, maka Pengurus Kota Ambon memutuskan bahwa kegiatan ini harus dibuka untuk umum,” terangnya.

Setiap pelaksanaannya, AMGPM selalu melakukan evaluasi agar kegiatan ini berjalan sesuai harapan.

“Kegiatan ini akan menjadi salah satu event yang selalu ditunggu di Kota Ambon, karena menawarkan berbagai hiburan dan belanja dengan harga yang terjangkau, menjadikan beragam kemudahan mulai dari kuliner, fashion show, hingga musik,” ungkapnya.

Untuk itu, ia sangat berharap Amboina Fair bisa diakomodir Pemkot Ambon menjadi agenda tahunan seperti event-event lainnya.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh Pengurus Besar AMGPM, Pemkot Ambon, Majelis Pekerja Klasis Kota Ambon, pembina dan senior, pimpinan cabang, ranting se-Kota Ambon, para sponsor, para donatur, seluruh pelaku UMKM, dan semua pihak yang telah membantu mensukseskan Amboina Fair 2024.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Amboina Fair, Jefry Salakory dalam laporannya mengatakan, kegiatan yang bertema “Inspiration For Managing People’s Action (IMPACT) ini merupakan kali ke 4 diselenggarakan.

“Ini merupakan salah satu program dari Pengurus Daerah AMGPM Daerah Kota Ambon,” tandasnya.

Untuk kegiatan ini, masyarakat umum yang terlibat ada 57 UMKM dan 19 cabang ranting kategorial yang ikut. (S-25)