BULA, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Rafdi Andri berharap, pelaksanaan Pilkada di Kabupaten SBT berjalan sesuai de­ngan protokol kesehatan.

“Saya harap pelaksanaan Pilkada ini berlangsung dengan selalu mene­rapkan protokol kesehatan, “ jelas Kapolda dalam sambutannya saat tatap muka bersama TNI-Polri, KPU, Bawaslu, tokoh agama, tokoh mas­ya­rakat Kabupaten SBT di aula Prama Satwika Polres SBT, Minggu (6/12).

Dikatakan, apa yang dilakukan oleh jajaran pemerintah maupun aparat penegak hukum sekarang, nanti dan seterusnya kepada masya­rakat, harapannya untuk tumbuh kembangnya ekonomi, untuk tum­buh kembangnya kualitas pendidi­kan serta peningkatan kualitas kese­hatan dan lain-lain.

Kata Kapolda, Jika keberhasilan dalam menerapkan protokoler kese­hatan merupakan kado terindah bagi Kabupaten SBT.

Kapolda menegaskan, mengenai kriteria dan mekanisme yang telah ditetapkan oleh KPU harus benar-benar menyakinkan masyarakat, se­hingga pada saat berlangsungnya pemilihan kepala daerah, masya­rakat bisa datang ke TPS untuk memberi­kan suaranya.

Baca Juga: Thio : Mukti dan Fahri Harus Tuntaskan Komitmen bagi Masyarakat

“Walaupun kami tidak disini pada saat pencoblosan tanggal 9 nanti unsur-unsur keamanan TNI-Polri agar bisa mem-back-up semua ke­giatan pada hari puncak dan sete­rusnya,” katanya.

Kapolda juga meminta kepada semua personil baik TNI maupun Polri untuk selalu memberikan pe­mahaman dan implementasi, guna penerapan protokoler kesehatan dalam semua rangkaian tahapan pencoblosan, agar  dapat dijalankan dengan baik termasuk pengawalan kotak suara mulai dari tingkat TPS sampai sampai tinggkat KPU.

Kunjungan kerja Kapolda Maluku di Kabupaten SBT ini guna memas­tikan kesiapan kerja di Polres SBT menjelang kesiapan pelaksanaan pilkada  yang digelar di kabupaten ber­julukan Ita Wotu Nusa ini.

Untuk diketahui Kapolda Maluku dalam kunjungannya di Kabupaten SBT didampingi Kombes Pol. Wan­tri, Dir Intelkam Polda Maluku, Kombes Yusef Sriyono Dir Lantas Polda Maluku, Kombes Rahmat Hakim, Dir Sabhara Polda Maluku, Kombes Agus Pudjianto, Kabid Dokes Polda Maluku, Agung Wi­dodo dan Pabung Protokoler Spri Ka­polda, Ipda Lucky Andreas.

Rombongan Kapolda Maluku tiba di Bandara Kufar, Kabupaten SBT sekitar pukul 10.00 WIT dijemput  Kapolres SBT AKBP Andre Su­kendar,  Dandim 1502 Masohi Letkol Inf. Wahyu. Komandan Batalyon B Pelopor Kompol Agung Pranajaya, Forkompinda Kabupaten SBT dan para perwira Polres SBT.

Kapolres dalam sambutannya me­ngatakan, pihaknya telah menyiap­kan upaya pengamanan dengan menerjunkan sebanyak 356 yang tersebar di 15 kecamatan, dan 198 desa dan 337 TPS yang tersebar di Kabupaten SBT

Pengamanan ini dibantu dari BKO Pers Polda Maluku, Polres Maluku Tengah, Polres Kabupaten SBB dan dari Brimob Batalyon B Pelopor yang terdiri dari, Kompi 1, Kompi 2 dan Kompi 3 Batalyon B Pelopor.

Pengamanan juga diperkuat de­ngan polsek jajaran yang tersebar di kecamatan-kecamatan yang akan selalu bersinergi dengan TNI.

Sementara itu, Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dalam sambutan singkatnya  menyampaikan secara ke­seluruhan, kondisi keamanan di Kabupaten SBT cukup kondusif.

Keliobas yakin, pemerintah kabu­paten telah memiliki hubungan kekeluargaan antara sesama masya­rakat terutama dari kecamatan yang satu dengan yang lain, sehingga apabila ada terjadi gesekan itu dapat diselesaikan dengan baik.

“Walaupun perbedaan pilihan pada Pilkada ini, namun kami selalu utamakan hidup basudara, sehingga apabila terjadi pergesekan bisa da­pat diselesaikan saat itu,” ungkap Keliobas.

Kata Keliobas, Pemerintah Kabu­paten SBT melalui APBD tahun 2019-2020 telah mengangarkan sebanyak Rp 45 miliar kepada lembaga KPU dan Bawaslu maupun TNI-Polri.

“Kemudian pada APBD peruba­han juga lakukan sedikit pening­katan anggaran meski dengan keter­batasan APBD dan pengaruh situasi masa pandemi Covid-19. (S-47)