AMBON, Siwalimanews – Kapolda Irjen Eddy Sumitro Tambunan ikut mendampingi kontingen Maluku yang akan tampil di PON XXI Sumatera Utara-Aceh berharap para atlet dapat meng­harumkan nama Maluku.

“Kami berharap para atlet dapat menunjukkan semangat juang dan prestasi terbaik mereka di setiap cabang olahraga yang diikuti, sekaligus menjaga nilai-nilai sportifitas,” harap kapolda.

Dalam rilisnya yang diterima Siwalima, Selasa (10/9) juga, Kapolda mengaku kehadiranya secara langsung merupakan komit­mennya untuk memberikan du­kungan kepada para atlet, khusus­nya kontingen Maluku.

“Kehadiran kami ini merupakan bentuk dukungan nyata bagi para atlet yang akan bertanding di ajang olahraga terbesar di Indonesia,” katanya.

Dukungan yang diberikan kepada secara langsung, mengingat para atlet akan berjuang untuk meng­harumkan nama Maluku di kancah nasional.

Untuk diketahui Pembukaan PON XXI dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin (9/9).

Hadir dalam upacara pembukaan yang dimulai pukul 20.30 WIB ini yaitu para petinggi negara, dan forkopimda se Indonesia beserta para atlet PON di penjuru tanah air.

Kontingen Maluku sendiri mengirimkan sejumlah atlet andalan yang siap bersaing untuk meraih medali di beberapa cabang ung­gulan.

Dukungan dari forkopimda Maluku diharapkan dapat menjadi suntikan semangat bagi para atlet yang siap berlaga di pentas nasional.

Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo saat membuka PON XXI mengatakan, PON merupakan ajang untuk melahirkan atlet-atlet terbaik bangsa, pemecah rekor dunia, serta calon peraih medali emas di Asian Games, SEA Games, dan Olimpiade.

Jokowi juga menekankan bahwa PON bukan hanya ajang olahraga, akan tetapi momentum untuk mempererat persatuan, mem­perkokoh tali persaudaraan, dan memperkuat semangat kebersamaan di antara anak bangsa.

“Malam ini saya ingin mengajak seluruh atlet yang bertanding untuk menjunjung tinggi sportivitas dan fair play. Mari kita rayakan PON dengan semangat kebersamaan, sportivitas, dan kegembiraan,” pinta Presiden Jokowi sembari membuka PON ke XXI.

Upacara pembukaan PON XXI berlangsung megah. Sejumlah pertunjukan budaya khas Aceh dan Sumatera Utara memukau para hadirin. PON XXI 2024 diharapkan menjadi ajang yang melahirkan prestasi gemilang sekaligus memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. (S-10)