AMBON, Siwalimanews – Sejumlah tokoh agama di Maluku meminta agar Kapolda baru, Irjen Eddy Sumitro Tambunan untuk lebih cekatan dalam mengatasi persoalan hukum di Maluku, termasuk dalam menghadapi pemilihan kepala daerah yang sudah didepan mata.

Permintaan para tokoh agama ini disampaikan saat Kapolda Maluku, Irjen Eddy Sumitro Tambunan mela­kukan lawatan ke tokoh-tokoh agama secara terpisah pada Senin (5/8).

Kunjungan pertama Kapolda menyambangi Ketua Walubi Maluku, Welhelmus Jauwerissa. Kunjungan tersebut mendapat sambutan hangat, pengurus di Kantor Walubi Maluku.

Dalam kunjungan tersebut ketua Walubi berharap sinergitas dan silahturahmi dengan Polda Maluku dapat terus terjalin.

“Semoga dengan silaturahmi ini, kedepannya kerjasama dan sinergitas kita dapat terus terjalin dengan baik,” harapnya.

Baca Juga: Si Jago Merah Ratakan Swalayan City Mart Namlea

Usai mengunjungi Walubi Maluku, Kapolda dan sejumlah PJU melakukan kunjungan ke Ketua GPM, Pdt. Elifas T. Maspaitela.

Dalam kunjungan itu, Ketua Sinode berharap Polda Maluku dapat lebih berperan aktif lagi dalam menekan potensi konflik yang kapan saja bisa terjadi di wilayah Maluku.

“Polda Maluku dan jajarannya juga diharapkan dapat lebih tegas dan cepat lagi dalam menuntaskan permasalah hukum yang ditangani,” harapnya.

Sementara itu saat pertemuan dengan Ketua MUI Maluku, Ustadz Abdullah Latuapo, Polda Maluku diharapkan dapat mengawal pelaksanaan Pilkada serentak agar bisa berlangsung aman dan damai seperti jalannya Pemilu Presiden dan Anggota Legislatif.

“Polda Maluku dan jajarannya juga diharapkan dapat lebih meningkatkan profesionalisme dan kinerjanya dalam pemeliharaan kamtibmas dan penegakan hukum serta penguatan internal sehingga Polda Maluku tetap solid dan mendapat kepercayaan serta di cintai mayarakat Maluku,” tambah salah satu pengurus MUI Maluku.

Kapolda dalam setiap kun­jungan­nya ke para tokoh agama di Maluku, menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan. Ia berharap pertemuan hari ini menjadi awal yang baik dalam membangun dan me­ningkatkan kerja sama untuk bersama memelihara kamtibmas yang kondusif.

“Sebagai warga baru saya ingin bersilaturahmi dengan ketua-ketua dan tokoh agama di Maluku. Saya berharap apabila ada masukan terkait kerjasama dalam memelihara Kamtibmas kiranya dapat disampai­kan,” pintanya. (S-10)